UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Presiden Taiwan menyambut baik pesan Paus Fransiskus tentang perdamaian

Januari 26, 2017

Presiden Taiwan menyambut baik pesan Paus Fransiskus tentang perdamaian

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

 

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menanggapi pesan Paus Fransiskus pada Hari Perdamaian Sedunia dengan mengatakan bahwa negaranya akan mendukung komitmen Vatikan terkait isu-isu seperti penghapusan senjata nuklir dan mencari solusi untuk mengatasi kerusakan lingkungan.

Sesuai tradisi, presiden Taiwan menanggapi pesan Tahun Baru Vatikan yang tahun ini bertema “Non-violence: a Style of Politics for Peace.”

“Saya sangat menghormati, dan setuju sepenuh hati dengan pesan Anda yang bagus dan mendalam, yang menyerukan perlucutan senjata dan penghapusan senjata nuklir, serta mencari solusi untuk mengatasi konflik regional, terorisme, isu migran, dan kerusakan lingkungan,” kata Presiden Tsai, melalui suratnya yang dikeluarkan pada 20 Januari dalam menanggapi pesan Paus Fransiskus yang dirilis dalam rangka Hari Perdamaian Sedunia ke-50, 1 Januari.

Sebagai bagian dari suratnya, Presiden Tsai menjelaskan komitmen pemerintahannya untuk perdamaian sejak ia menjadi presiden pada Mei lalu, terutama sikapnya yang tegas untuk mempertahankan status quo mengenai demokrasi dan perdamaian Taiwan di seluruh selat itu.

Sementara menyambut baik seruan Takhta Suci untuk bantuan kemanusiaan, Presiden Tsai mencatat bahwa Taiwan akan terus “menegakkan seruan serupa ke depan” dan membantu Gereja Katolik dalam karya pastoral di seluruh dunia.

Surat itu adalah pertama dari presiden itu kepada Paus setelah ia menjabat presiden, namun respon Tsai tersebut sebagai sesuatu yang lumrah.

Pernyataan Tsai adalah “faktual dan formal, bukan kejutan,” kata Paulus Kuo, seorang komentator tentang urusan internasional, kepada ucanews.com.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi