UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Selamat datang Tahun Ayam Api

Januari 27, 2017

Selamat datang Tahun Ayam Api

 

Masyarakat Tionghoa di seluruh dunia sedang mempersiapkan untuk menyampaikan selamat tinggal Tahun Monyet dan menyambut Tahun Ayam Jago, yang dimulai pada 28 Januari.

Tahun Baru Cina (Imlek) didasarkan pada kalender Cina serta karakter dan sifat 12 shio Cina sesuai dengan tahun kelahiran manusia. Shio-shio itu diwakili oleh hewan sesuai urutan sebagai berikut: tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Dikombinasikan dengan astrologi Cina kuno, adanya lima unsur: logam, kayu, air, api dan tanah. Lima unsur ini dikombinasikan dengan 12 shio membentuk periode 60 tahunan – 2017 adalah Tahun Ayam Api.

Seperti horoskop Barat, zodiak Cina diyakini mempengaruhi disposisi dan keberuntungan seseorang. Orang-orang yang percaya pada Feng Shui, sistem filsafat Cina yang digunakan untuk menyelaraskan orang dan lingkungan mereka, mengatur rumah mereka berbeda sesuai dengan tanda zodiak mereka. Jika tahun dan elemen kombinasi seseorang menghasilkan prediksi buruk mereka mungkin memakai aksesoris khusus atau membuat perubahan pada lingkungan mereka dalam rangka untuk mengusir nasib buruk.

Meskipun Kristen Cina tidak mempraktekkan Feng Shui karena tidak direstui oleh Gereja, mereka masih mengadopsi praktek tertentu yang mereka anggap sebagai tradisi untuk merayakan Imlek.

Misalnya, sebagai simbol untuk mengusir setan dan menyambut musim semi, orang memakai busana merah, memberikan angpao, mementaskan tarian barongsai atau tarian naga, pesta kembang api dan saling memberikan salam.

Sementara itu, Feng Shui, sebuah tradisi Cina kuno, baru-baru ini dicampur dengan materialisme dan kekhawatiran modern memungkinkannya untuk terus menjadi relevan dengan kehidupan banyak orang Cina.

Di bawah rezim komunis, buku-buku tentang Feng Shui dilarang karena dianggap takhayul. Jadi, orang-orang Tiongkok sering mengambil kesempatan untuk membeli publikasi ramal nasib ketika mereka mengunjungi Hong Kong.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi