UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

India sambut baik kunjungan Paus, kata para kardinal

Pebruari 10, 2017

India sambut baik kunjungan Paus, kata para kardinal

Para pemimpin Gereja bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi pada 7 Februari di New Delhi.

 

Tiga kardinal bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi untuk membahas kemungkinan kunjungan Paus Fransiskus ke negara itu.

Kardinal Baselios Cleemis, ketua presidium Konferensi Waligereja India, Kardinal Oswald Gracias, Uskup Agung Bombay, dan Kardinal George Alencherry, ketua Gereja Siro-Malabar, bertemu perdana menteri tersebut pada 7 Februari di New Delhi.

“Perdana menteriĀ  memberitahu (kami) bahwa pemerintah menyambut baik dengan kunjungan Paus ke India,” kata siaran pers uskup tanpa memberikan rincian lebih lanjut dari pertemuan tersebut.

Menteri Federal Urusan Luar Negeri Sushma Swaraj telah menyampaikan undangan kepada Paus untuk mengunjungi India ketika ia mengunjungi Vatikan selama kanonisasi Ibu Teresa dari Kalkuta pada September 2016.

Paus Fransiskus mengatakan pada Oktober 2016 bahwa ia “hampir pasti” mengunjungi India tahun 2017.

Media berspekulasi bahwa pertemuan ini adalah untuk menentukan tanggal dan tempat yang akan dikunjungi Paus Fransiskus seperti Kolkata (sebelumnya Kalkuta), di mana Santa Teresa tinggal dan bekerja untuk orang termiskin dari yang miskin. Tempat-tempat lain yang disarankan termasuk New Delhi dan Mumbai, basis Keuskupan Agung Bombay.

Sebuah sumber yang dekat dengan kantor perdana menteri mengatakan kepada ucanews.com bahwa pertemuan itu “bersifat rahasia” karena membahas isu-isu sensitif termasuk langkah pemerintah untuk membebaskan Pastor Thomas Uzhunallil SBD yang diculik tahun lalu.

Misionaris Salesian berusia 58 tahun itu diculik dari panti jompo yang dikelola Misionaris Cinta Kasih di Yaman pada 4 Maret 2016 setelah militan menembak dan membunuh 16 orang, termasuk empat biarawati.

Paus Paulus VI menjadi Paus pertama yang mengunjungi India tahun 1964. Santo Paus Yohanes Paulus II pertama kali mengunjungi India tahun 1986 selama sepuluh hari saat ia melakukan tur ke berbagai bagian negara itu. Paus ini mengunjungi India lagi tahun 1999 ketika ia mengesahkan dokumen Sinode Para Uskup Asia.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi