UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Polisi memperketat pemantauan terhadap para pastor di Vietnam

Pebruari 13, 2017

Polisi memperketat pemantauan terhadap para pastor di Vietnam

Seorang polisi Vietnam.

 

Polisi berpakaian preman di kota Hue, Vietnam bagian tengah, menghalangi sekelompok imam Katolik untuk mengadakan pelayanan di gereja pada 2 Februari, kata salah satu imam.

Pastor Phan Van Loi mengatakan kepada Radio Free Asia bahwa para aparat kembali memantau aktivitasnya setelah lima hari libur Tet, perayaan Tahun Baru Vietnam, pada 28 Januari hingga 1 Februari tahun ini.

“Saya bertanya kepada mereka mengapa mereka menghalangi saya untuk menghadiri pelayanan Gereja,” kata imam itu. “Saya bertanya apakah mereka polisi. Tentu saja, saya tahu mereka adalah polisi karena sebelumnya saya telah melihat mereka di sekitar rumah saya.”

Pastor Loi mengatakan polisi telah memperketat pemantauan mereka di rumahnya selama dua bulan terakhir karena ia telah berbicara dengan orang-orang di biara Thien An di Hue, yang tanah mereka telah dicaplok selama beberapa tahun terakhir.

Alasan lain adalah bahwa ia termasuk dalam kelompok tiga imam Katolik di Hue yang dituduh pemerintah sebagai pembangkang, katanya. Dua imam lainnya adalah Pastor Nguyen Van Ly dan Pastor Nguyen Huu Giai.

Pastor Loi adalah kritikus vokal terhadap pemerintah komunis Vietnam dan tindakan represif terhadap kelompok masyarakat sipil.

Pastor Ly, ditangkap tahun 1977, 2001, dan 2007 dituduh melakukan berbagai kejahatan terhadap negara. Ia  dihukum penjara hampir dua dekade. Pihak berwenang membebaskan dia dari penjara menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke negara itu pada Mei tahun 2016.

Pastor Giai telah menjadi kritikus vokal terkait pelecehan pemerintah terhadap kelompok agama tertentu.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi