UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Gereja Katolik akan gelar konferensi perdamaian di Myanmar

Pebruari 14, 2017

Gereja Katolik akan gelar konferensi perdamaian di Myanmar

Sejumlah biarawati berpartisipasi dalam aksi damai menyerukan untuk menghentikan perang saudara di Myanmar. Aksi itu diadakan di kota Myitkyina, ibukota Negara Bagian Kachin, 22 Oktober.

 

Gereja Katolik akan mengadakan konferensi perdamaian di Yangon, Myanmar, pada April 2017 dan telah mengundang semua faksi di Myanmar untuk menghadiri acara tersebut.

“Gereja akan berpartisipasi dalam proses perdamaian tidak hanya dengan doa-doa, tapi dengan konferensi perdamaian karena pemerintah yang dipimpin Aung San Suu Kyi mengutamakan perdamaian dan dia mendorong untuk itu,” kata Pastor Maurice Nyunt Wai, sekretaris eksekutif Konferensi Waligereja Myanmar, kepada ucanews.com.

Proses perdamaian merupakan prioritas bagi Suu Kyi yang memprakarsai konferensi perdamaian Panglong pada Agustus 2016 yang bertujuan untuk mengakhiri puluhan tahun konflik internal. Tapi pertempuran baru di Negara Bagian Kachin dan Negara Bagian Shan adalah pukulan nyata bagi pemerintahan Suu Kyi menjelang konferensi perdamaian Panglong kedua, yang akan diselenggarakan pada 28 Februari.

Peraih hadiah Nobel perdamaian itu telah berjanji untuk mengakhiri permusuhan di negara itu, yang telah diganggu dengan konflik selama hampir 70 tahun.

Kardinal Charles Maung Bo, uskup agung Yangon baru-baru ini mengungkapkan kekhawatirannya terkait pertempuran di Kachin dan Shan dan telah menawarkan doa dan menyatakan solidaritasnya kepada semua orang di Myanmar, terutama di Negara Bagian Kachin, Negara Bagian Shan, dan Negara Bagian Rakhine.

“Mari kita terus melanjutkan ziarah perdamaian dan tidak kembali ke perang,” kata Kardinal Bo dalam sebuah pernyataan 6 Februari.

Sumber: ucanews.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi