UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pasangan ini cerai supaya dapat kompensasi lebih banyak

Maret 8, 2017

Pasangan ini cerai supaya dapat kompensasi lebih banyak

Pasangan muda di Tiongkok ini sedangg berpelukan ketika sedang istirahat di jalanan Beijing. Perceraian meningkat di negara tirai bambu itu. (Foto: Goh Chai Hin/AFP)

Sebagian besar dari 160 pasangan yang tinggal di desa sebelah timur Tiongkok telah mengajukan gugatan certai sehingga mendapatkan kompensasi lebih atas penggusuran rumah mereka.

Penduduk di Jiangbei, Nanjing, propinsi Jiangsu menghadapi penggusuran untuk kemudian dibangun zona teknologi yang baru. Pasangan-pasangan itu mengajukan cerai, dari yang baru saja menikah sampai yang sudah berusia delapanpuluhan tahun, demikian laporan Nanjing Morning Post yang dilansir South China Morning Post.

Warga desa itu mengatakan setiap pasangan berhak mendapatkan kompensasi rumah seluas 220 m2. Akan tetapi setelah cerai,  satunya tetap memiliki rumah sedangkan pasangan yang meninggalkan rumah akan mendapatkan tanah untuk rumah seluas 70 m2 ditambah dengan uang 131,000 yuan (US$19,000) sebagai kompensasi.

Akan tetapi sepertinya perceraian itu hanya formalitas saja, karena kebanyakan dari pasangan itu masih tinggal bersama.

Seorang pria berusia 80-an tahun yang menceraikan istrinya mengatakan kompensasi yang diberikan layak meskipun mereka sudah menikmati perkawinan yang cukup lama.

Seorang warga lainnya mengatakan ia tidak keberatan jika ia menikah lagi dengan istrinya.

“Itu tidak menjadi hal yang saya pikirkan sekarang,” katanya. “Semua orang melakukannya. Kami akan perjuangkan hal-hal lain nanti saja,” lanjutnya.

Kebanyakan dari pasangan yang cerai masih hidup bersama, menurut laporan tersebut.

Akan tetapi, seorang pakar hukum yang tidak mau namanya disebutkan, mengatakan bahwa memalsukan perceraian merupakan permainan yang berbahaya karena memiliki konsekuensi hukum.

Ia kemudian menambahkan bahwa perceraian yang dipalsukan sedang diselidiki di wilayah lain di Nanjing, termasuk  Jiangxinzhou, Jiangning dan Pukou, dan ia meminta kepada pihak berwajib untuk menyelidiki kasus-kasus tersebut dengan menyesuaikan kebijakan kompensasi agar tidak disalahgunakan.

Link terkait: Chinese couples

 

One response to “Pasangan ini cerai supaya dapat kompensasi lebih banyak”

  1. anterajaya says:

    perceraian sangat subur di jaman, yang menjadi persoalan adalah masalah ekonomi yang tidak diselaraskan dengan pengujian yang bersumber dari Tuhan.
    Ajaran Tuhan tidak menghendaki perceraian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi