UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pemerintah di Mindanao adopsi program rehabilitasi narkoba Gereja

April 21, 2017

Pemerintah di Mindanao adopsi program rehabilitasi narkoba Gereja

Para mantan pengguna narkoba menerima sertifikat pada 19 April setelah mengikuti program rehabilitasi tiga bulan di Quezon City, Filipina.

 

Provinsi-provinsi di Mindanao, Filipina bagian selatan, telah mengadopsi program rehabilitasi narkoba yang dikelola Gereja sebagai bagian dari perang melawan narkotika.

Program yang bertajuk “Pendampingan Pastoral Pengguna dan Pengedar Narkoba” (PAID-UP) telah diprakarsai oleh Keuskupan Marbel di Provinsi Cotabato Selatan.

Uskup Marbel Mgr Dinualdo Gutierrez mengatakan bahwa program ini dirancang untuk “memulihkan” para pengguna narkoba dan pecandu guna menjadikan mereka sebagai “orang yang kredibel, responsif, dan disiplin.”

Gubernur Cotabato Selatan Daisy Avance-Fuentes menandatangani kesepakatan dengan keuskupan itu untuk program “Surfacing Personalities Involved on Drugs”.

Sebanyak 8.363 pengguna dan pengedar narkoba telah menyerahkan diri kepada pihak berwenang di Provinsi Cotabato Selatan sejak Presiden Filipina Rodrigo Duterte meluncurkan kampanye anti-narkoba tahun lalu.

Uskup Gutierrez mengatakan bahwa program Gereja tersebut menggunakan strategi “belajar, berdoa, bertindak” dan mengajarkan tentang katekismus Gereja Katolik dan bercerita tentang kisah dalam Kitab Suci.

“Kami senang bahwa Gereja ada di sini untuk membantu kami,” kata Gubernur Fuentes.

“Kami harus mengakui bahwa kami tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan masalah besar yang dihadapi kami,” tambahnya.

Program ini terdiri dari doa harian, kegiatan mingguan, pertemuan bulanan, konseling keluarga, dan “pertemuan memperkaya” keluarga.

Uskup Gutierrez mengatakan bahwa program ini bertujuan membuat para pecandu narkoba pada tujuan hidup dan “menemukan kebahagiaan di dalam Tuhan.”

Program Gereja juga telah diadopsi di provinsi-provinsi terdekat – Sarangani, Sultan Kudarat, dan di Kota Koronadal dan Kota General Santos.

Keuskupan Marbel, Mindanao bagian tengah, yang memiliki yurisdiksi atas Provinsi Cotabato Selatan dan provinsi Sarangani, dan bagian-bagian dari Provinsi Sultan Kudarat, merupakan rumah bagi hampir 1,9 juta orang, 75 persen di antaranya adalah umat Katolik.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi