UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pemerintah dan KWI berupaya meningkatkan mutu pendidikan Katolik

Mei 11, 2017

Pemerintah dan KWI berupaya meningkatkan mutu pendidikan Katolik

Pertemuan antara Dirjen Bimas Katolik yang mewakili pemerintah dan Konferensi Waligereja Indonesia membahas upaya-upaya menigkatkan mutu pendidikan Katolik (Dirjen Bimas Katolik)

Demi meningkatkan pengajaran agama Katolik yang berkualitas, dua hal perlu menjadi perhatian baik Gereja (hirarki) yang memiliki otoritas dalam materi pengajaran, maupun Ditjen Bimas sebagai pengampu regulasi.

Hal tersebut menjadi pembahasan pokok dalam pertemuan antara Ditjen Bimas Katolik yang dipandu Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi dan pejabat Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) pada 10 Mei.

Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain Direktur Pendidikan Katolik Fransiskus Endang, Kasubit Pendidikan Tinggi Aloma Sarumaha, Kasubdit Lembaga Rudy Andrianto, Sekretaris Eksekutif KWI Sipri Hormat Pr, Sekretaris Komisi Kateketik Leonardus Sugyono, MSC serta Sekretaris Komisi Pendidikan Vinsensius Darmin Mbula, OFM

Menurut Eusabius pertemuan tersebut sebagai langkah awal menetapkan program kemitraan di bidang Pendidikan Katolik.

“Sekaligus menciptakan para pengajar baik Guru Agama Katolik maupun Dosen Katolik yang berkualitas,” kata Eusabius.

Sebelumnya, memang ada pertemuan serupa tingkat nasional beberapa waktu lalu di Makasar. Hanya dalam konsorsium yang dihadiri pihak Ditjen Bimas Katolik maupun Perguruan Tinggi Agama Katolik, belum melahirkan upaya-upaya konkrit. Apalagi pembahasan tentang pelajaran agama Katolik di jenjang Perguruan Tinggi Umum dan pada sebagian institusi pendidikan, pelajaran agama tidak menjadi prioritas.

“Ini sangat berbahaya, maka kehadiran kita, yang merupakan representasi dari Bapa Uskup berharap ada program kemitraan memaksimalkan tenaga pendidik yang berkualitas, serta pendataan pendidikan sebagai dasar membangun SDM dan mahasiswa unggulan,” kata Romo Sipri.

Selengkapnya: Membangun Komitmen Antara Pemerintah dan Gereja di Bidang Pendidikan (Dirjen Bimas Katolik)

2 responses to “Pemerintah dan KWI berupaya meningkatkan mutu pendidikan Katolik”

  1. Jenny Marisa says:

    Senang dengar berita baik ini setelah hanya mendengar yang buruk2 saja akhir2 ini. Saya beruntung sekali dahulu disekolahkan di sekolah susteran Ursulin.. Pemberian orang tua yang paling berharga.. Semoga semakin baik sekolah Katolik dan tidak terkena macam2 larangan peraturan pemerintah.

  2. Rudi M says:

    Mohon diperjuangkan agar bimas katolik dapat mengangkat kembali guru agama Katolik yg sudah semakin langka karena banyak yg pensiun. Juga tolong keuskupan agar mengangkat katekis untuk menjawabi kekurangan tenaga guru agama Katolik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi