UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Jelang Sinode, pejabat kepausan dialog dengan OMK Hong Kong

Mei 17, 2017

Jelang Sinode, pejabat kepausan dialog dengan OMK Hong Kong

Kardinal Lorenzo Baldisseri, Sekjen Sinode para Uskup, bersama orang muda Katolik di Hong Kong 13 Mei 2017. (ucanews.com)

Kardinal Lorenzo Baldisseri, sekretaris jenderal Sinode para Uskup, mendorong orang muda Katolik  di Hong Kong untuk terlibat dalam pertemuan sinode berikut yang akan diadakan di Roma pada bulan Oktober 2018.

Dalam dialog 90 menit yang diadakan pada tanggal 13 Mei dengan sekelompok orang muda Katolik, Kardinal Baldisseri menjelaskan bagaimana gereja  mempersiapkan sinode berikutnya, dengan tema yang dipilih Paus Fransiskus”Kaum muda, iman dan panggilan.”

Kardinal Baldisseri menambahkan bahwa tema itu mengacu pada semua orang muda di bumi, tidak hanya orang Katolik dan Kristen.

Dia mendorong umat Katolik Hong Kong untuk tidak mengabaikan “kesempatan untuk terlibat” di sinode dan untuk terus memantau “situs Sekretariat Jenderal untuk mendapatkan formulir yang dapat Anda isi secara online.

Mahasiswa Philomena Poon dan beberapa peserta lainnya mengatakan kepada ucanews.com bahwa mereka tertarik untuk mengungkapkan pandangan mereka.

“Di masa lalu, kami mendapat tulisan-tulisan kepausan mengenai isu-isu seperti keluarga, pernikahan dan cinta tapi kali ini adalah tentang orang muda dan kami juga mendapatkan kardinal yang datang ke sini untuk menemui kami. Ini menunjukkan bahwa gereja memperhatikan  kami dan memberi kami motivasi untuk ikut terlibat, “kata Poon.

Kegiatan pertama setelah tiba di Hong Kong, Kardinal Baldisseri mendapat pertanyaan dari siswa, seminaris, keluarga muda, orang cacat, pengungsi dan lain-lain.

Orang muda meminta nasihat tentang bagaimana melawan kecenderungan menentang atau meninggalkan gereja, hal-hal mendasar untuk membuat panggilan seseorang matang, bagaimana memenuhi panggilan hidup setiap hari dalam hubungan keluarga, pekerjaan dan pendidikan anak-anak.

Mengutip ucapan Paus Fransiskus tentang “budaya masa depan” yang menekankan kenikmatan saat ini, kardinal meminta kaum muda “menjadi revolusioner” dan memiliki keberanian untuk berenang melawan arus pasang yang menganggap segala sesuatu sementara, dan yang membuat seseorang percaya bahwa dia tidak mampu bertanggung jawab dan menunjukkan cinta sejati.

Dia juga menekankan pentingnya “tuntunan” dan membantu orang muda dengan “kearifan hari demi hari” ketika seorang staf dari komisi kepemudaan bertanya kepadanya bagaimana orang dewasa dapat menangani ketertarikan sesama jenis pada orang muda.

Kardinal Baldisseri melakukan kunjungan pertama selama tujuh hari ke dua komunitas Tionghoa di Asia Timur. Selain bertemu dengan orang muda, dia juga menyampaikan sebuah ceramah tentang keluarga pada tanggal 14 Mei sebagai bagian dari program keuskupan untuk Tahun Keluarga 2017. Dia akan menghadiri sebuah konferensi mengenai keluarga di Taiwan dan juga bertemu dengan para pemuda di sana.

Tidak diketahu jumlah orang muda di antara 389.000 orang Katolik Hong Kong. Statistik pemerintah tahun 2016 menunjukkan 25 persen populasi kota berpenduduk 7,3 juta itu berusia antara 16-34 tahun.

LINK: Synod official listens to Hong Kong youth

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi