UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Dili meminta OMK mengikuti teladan Bunda Maria

Mei 17, 2017

Uskup Dili meminta OMK mengikuti teladan Bunda Maria

OMK Keuskupan Dili bersama Uskup VirgĂ­lio do Carmo da Silva (tengah) dalam pelatihan kepemimpinan 13 Mei di Dili (Thomas Ora(

Uskup Dili Mgr Virgilio do Carmo da Silva mengatakan kepada orang muda Katolik bahwa Maria memiliki peran yang sangat penting dalam iman dan sejarah kekristenan. Maria tidak menyimpan imannya untuk dirinya sendiri tetapi dibagikan kepada orang lain.

Karena itu Uskup Da Silva mendorong anak muda agar mengikuti teladan Maria.

“Kalian harus mengikuti teladan Maria dalam mencintai Tuhan melalui tingkah laku sehari-hari,” kata usku kepada sekitar 700 OMK dari 30 paroki di Kesuskupan Dili pada penutupan pelatihan selama tiga hari 14 Mei lalu, sehari setelah Gereja Katolik merayakan 100 tahun penampakan Maria di Fatima, Portugal.

Pelatihan selama tiga hari itu bertujuan menambah ketrampilan OMK seperti ketrampilan berkomunikasi (public speaking), organisasi, debat, dan pelayanan.

Pada 20 Mei nanti Timor-Leste akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-15. Karena itu uskup mengingatkan anak muda agar merenungkan perjuangan para pendahulu yang mengorbankan diri mereka untuk kemerdekaan negara itu.

“Kalian harus menjadi alat perdamaian bagi keluarga, komunitas dan masyarakat,” kata uskup.

Salah satu peserta pelatihan, Bernadete de Jesus, mengatakan bahwa kunci untuk menjadi gereja dan negara yang kuat adalah kemampuan untuk memenangkan hati orang-orang muda.

“Mereka harus diberi pelatihan kepemimpinan dan mendampingi mereka secara spiritual dan intelektual,” kata De Jesus.

Sementara aitu Pastor Joao Soares, ketua Komisi Kepemudaan Kesukupan Dili, mengatakan orang muda Katolik harus mulai dari hal-hal sederhana dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di paroki masing-masing.

“Karena itu, segera setelah kalian kembali ke paroki masing-masing, harus membantu pastor paroki untuk merancang program-program untuk anak muda,” kata Pastor Soares. (Thomas Ora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi