Uskup meninggal, Vatikan malah menunjuk pengganti yang bukan uskup

14/06/2017

Uskup meninggal, Vatikan malah menunjuk pengganti yang bukan uskup thumbnail

Seorang uskup di China yang selalu menghindari campur tangan pemerintah dalam urusan keuskupannya telah meninggal dunia, dan Vatikan tidak menunjuk seserang yang ditahbiskan secara resmi sebagai pengganti.

Uskup yang diangkat Vatikan John Liu Shigong dari Jining (Wumeng) wilayah otonomi Mongolia bagian utara meninggal pada usia 89 pada tanggal 9 Juni setelah didiagnosa menderita kanker hati pada bulan Mei. Dia adalah uskup keempat Tionghoa yang meninggal tahun ini.

Acara pemakamannya  dijadwalkan pada 15 Juni dan akan dipimpin oleh Uskup Meng Qinglu dari Hohhot di Gereja Timur Jining, di pemakaman gereja di Hua’ershan.

Pada tahun 2010, Tahta Suci menunjuk Pastor Anthony Yao Shun, vikaris jenderal keuskupan, sebagai penerus Uskup Liu. Pastor Yao ditahbiskan sebagai imam di Jining pada tahun 1991 dan lulus dari Universitas St. John, Amerika Serikat pada tahun 1996. Pastor berusia 52 tahun itu adalah seorang ahli liturgi di China.

Segera setelah diangkat Vatikan, Pastor Yao meninggalkan Beijing tempat ia mengajar di Seminari Nasional, dan memulai memimpin gereja di keuskupan tersebut, kata seorang sumber gereja yang meminta namanya tidak disebutkan.

Menurut pemerintah China, yang tidak mengakui wewenang kepausan atas pengangkatan seorang uskup, seorang uskup Katolik harus diangkat melalui sebuah pemilihan. Hasilnya kemudian disetujui oleh konferensi uskup, yang tidak diakui oleh Vatikan, sebelum ditahbiskan menjadi uskup.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa keuskupan mengadakan pemilihan setelah Vatikan menunjuk seorang uskup untuk mereka.

“Keuskupan tersebut bersiap untuk menjalankan pemilihan beberapa tahun yang lalu, namun pejabat pemerintah datang dan menunjukkan Uskup Liu peraturan tentang tahbisan uskup, seperti keuskupan harus menerima bahwa pihak berwenang dapat menentukan uskup  mana yang bertugas sebagai pentahbis utama,” kata sumber tersebut. .

Uskup Liu merasa tidak senang setelah membaca peraturan dan tidak ada kemajuan dalam hal pemilihan seorang uskup sesuai dengan persyaratan pemerintah.

“Pemilihan dan penahbisan pada akhirnya harus dilakukan karena keuskupan harus memiliki uskup,” kata sumber tersebut. “Tapi jika ada seorang uskup yang tidak diakui oleh Vatikan yang menghadiri pentahbisan uskup, para imam pasti tidak akan menerimanya,” kata sumber tersebut.

“Pemerintah China hanya akan mempertimbangkan kepentingannya sendiri. Jadi, jika Vatikan tidak berkompromi dan membuat pemerintah puas, keuskupan tersebut mungkin akan menunda prosedur penunjukan uskup sampai waktu yang lebih baik,” kata sumber itu.

Vatikan telah mengutamakan perundingan tertutup dengan Beijing sejak 2016 dalam upaya untuk menyelesaikan masalah penting terkait penempatan uskup. Beijing menuntut Vatikan mengakui tujuh uskup yang ditunjuk pemerintah yang tidak diangkat Vatikan. Sementara itu, Vatikan ingin Beijing mengakui sekitar 20 kandidat uskup yang ditunjuknya untuk komunitas terbuka, termasuk Pastor Yao, dan sekitar  40 uskup bawah tanah.

Keuskupan Jining memiliki sekitar 60.000 umat Katolik yang dilayani oleh 30 imam, satu diakon dan 12 biarawati. Dan  memiliki dua frater.

Mengenang Uskup Liu

Sumber tersebut mengatakan bahwa Uskup Liu adalah pria yang “baik hati dan santun” yang tidak terlalu peduli dengan formalitas.

Uskup Liu lahir di Sizi Wangqi, di Mongolia Dalam pada 18 Agustus 1928. Dia memulai pendidikan seminari pada usia 14 tahun. Panggilannya terhenti saat seminari yang dia masuki ditutup karena kekacauan politik di akhir tahun 1940an. Dia kembali ke seminari lagi pada tahun 1952.

Dia ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1956 dan bertugas di paroki tersebut sampai kegiatan keagamaan dilarang lagi karena adanya kekacauan politik. Selama Revolusi Kebudayaan, dia menjadi petani untuk suatu periode dan juga dikirim ke kamp kerja paksa pada reformasi. Dia kembali menjalankan tugasnya sebagai pastor paroki ketika kegiatan keagamaan dihidupkan kembali pada akhir tahun 1970an. Pada tahun 1995, dia ditahbiskan sebagai Uskup di Keuskupan  Jining.

Sumber tersebut menggambarkan penerusnya Pastor Yao yang dipilih Vatikan sebagai “orang yang teliti dan berhati-hati dan juga seorang yang sabar menghadapi orang lain.”

 

Baca juga: Chinese diocese in limbo at Vatican bishop pick not ordained

One Comment on "Uskup meninggal, Vatikan malah menunjuk pengganti yang bukan uskup"

  1. Antera Jaya on Wed, 14th Jun 2017 11:40 pm 

    kehidupan problema kehidupan, diera kini jauh berbeda dari era sebelumnya. sehingga akibat kemiskinan meningkatkan problem sosial hingga kekerasan, tindakan cendikiawan dan kepedulin nyata sangat diperlukan perannya langsung kepada masyarakat.




Jangan lewatkan
Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini
Invite a Friend
  1. Umat Kristen mengutuk serangan teror saat Idul Fitri di Sumatra Utara
  2. Vietnam mengusir seorang aktivis Katolik ke Prancis
  3. Akhiri mogok makan biarawati China tetap menuntut kompensasi
  4. Imam Filipina yang ditawan teroris terlihat masih hidup
  5. Paus ingatkan orang Kristen agar tidak bergantung pada ramalan
  6. Uskup Filipina meminta para imam agar lebih bijak
  7. Kontroversi atas nominasi calon presiden India dari kelompok garis keras
  8. Upaya menghijaukan wilayah tandus Myanmar
  9. Tuhan mengasihi dan memilih orang yang rendah hati, kata Paus
  10. Komunitas awam Katolik Indonesia bantu warga Muslim merayakan Idul Fitri
  1. Memang perang itu lebih membuat susah perempuan dan anak-anak. Tapi menghadapi p...
    Said Matheus Krivo on 2017-06-17 07:15:48
  2. kehidupan problema kehidupan, diera kini jauh berbeda dari era sebelumnya. sehin...
    Said Antera Jaya on 2017-06-14 23:40:08
  3. Suku asli Baduy mempertahankan banyak tradisi nenek moyang yang bernilai positi...
    Said Bernardus Wato Ole on 2017-06-09 13:41:55
  4. Terimakasih Bapak Paus Fransiskus, yang selalu menghidupkan kembali pesan Firman...
    Said Bernardus Wato Ole on 2017-06-09 07:58:40
  5. maksud saya sulit membedakan.. dst....
    Said Jenny Marisa on 2017-06-08 14:22:59
  6. Agak (kadang sangat)membedakan mana Muslim yang asli dan mana yang masuk teroris...
    Said Jenny Marisa on 2017-06-08 14:21:57
  7. Kata gubernur dan masyarakat muslim di Marawi mengungkapkan kebenaran hakiki bah...
    Said Bernardus Wato Ole on 2017-06-08 13:49:07
  8. Gereja sudah betul mengeluarkan surat gembala untuk umat, namun maaf penyakit ko...
    Said Bernardus Wato Ole on 2017-06-06 14:25:46
  9. Informasi tentang pulau Buru sangat membantu untuk memahami keadaan masyarakat d...
    Said DR. Bele Antonius, M.Si. on 2017-06-02 06:30:56
  10. Dalam sejarah dunia, bangsa penjajah yang pernah menjajah banyak negara adalah R...
    Said ROTE on 2017-06-02 01:05:49
UCAN India Books Online