UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan membuka survei online untuk Sinode 2018 tentang orang muda

Juni 16, 2017

Vatikan membuka survei online untuk Sinode 2018 tentang orang muda

Para kardinal menghadiri Misa pada Sinode Uskup di Basilika St Petrus pada 25 Oktober 2015. (Andreas Solaro/AFP)

Untuk melibatkan kaum muda dalam persiapan Sinode para Uskup tentang kaum muda pada tahun 2018, Vatikan telah merilis sebuah kuesioner online untuk lebih memahami kehidupan, sikap dan perhatian anak-anak berusia 16 sampai 29 tahun di seluruh dunia.

Kuesioner dapat ditemukan di situs resmi sinode dan terbuka untuk orang muda manapun, dari keyakinan atau agama apapun, demikian dilaporkan oleh ucanews.com

Sekretariat umum sinode meluncurkan situs web tersebut pada tanggal 14 Juni untuk berbagi informasi tentang sinode pada Oktober 2018 tentang “Kaum muda, iman dan panggilan” dan untuk terhubung ke survei anonim online yang menanyakan kepada orang muda tentang kehidupan dan harapan mereka.

Jawaban atas kuesioner, beserta kontribusi dari uskup, konferensi para uskup dan badan gereja lainnya, akan menjadi dasar penyusunan instrumentum laboris atau dokumen kerja untuk majelis, kata pejabat sinode pada bulan Januari.

Orang-orang muda dari semua latar belakang didorong untuk mengambil bagian dalam menjawab kuesioner itu karena setiap orang muda memiliki “hak untuk didampingi tanpa pengecualian,” kata pejabat sinode.

Daftar 53 pertanyaan pilihan ganda sebagian besar dibagi menjadi tujuh bagian: (1) informasi pribadi, (2) sikap dan pendapat tentang diri sendiri dan dunia (3) pengaruh dan hubungan (4) pilihan hidup (5) agama, iman dan gereja, (6) penggunaan internet, dan (7) dua pertanyaan terbuka.

Pertanyaan tertulis adalah sebuah undangan untuk menggambarkan contoh positif bagaimana Gereja Katolik dapat “menemani orang muda dalam pilihan mereka, yang memberi nilai dan kepuasan dalam hidup” dan mengatakan sesuatu tentang diri yang belum pernah ditanya dalam kuesioner.

Persiapan Vatikan untuk sebuah sinode umumnya mencakup pengembangan kuesioner dan meminta masukan dari konferensi waligereja, keuskupan dan tarekat religius. Ini adalah pertama kalinya badan sinode Vatikan mengajukan kuesioner secara online dan meminta masukan langsung dari masyarakat.

 

Isi survei: YOUNG PEOPLE, THE FAITH AND VOCATIONAL DISCERNMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi