UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan tetapkan Pastor Adrianus Sunarko OFM sebagai uskup Pangkalpinang

Juni 29, 2017

Vatikan tetapkan Pastor Adrianus Sunarko OFM sebagai uskup Pangkalpinang

Uskup Pangkalpinang yang baru Mgr. Adrianus Sunarko OFM (Foto oleh Br. Trimur Yanto OFM)

Paus Fransiskus telah menunjuk Provinsial OFM Indonesia, Pastor Adrianus Sunarko OFM sebagai uskup baru Pangkalpinang, menggantikan mendiang Mgr Hilarius Moa Nurak SVD yang meninggal pada bulan April tahun lalu.

Penunjukkan tersebut diumumkan pada Rabu, 28 Juni oleh Mgr Yohanes Harun Yuwono, Uskup Tanjungkarang yang juga menjabat sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang.

Uskup terpilih Sunarko adalah seorang Jawa, tapi lahir di Merauke, Papua pada 7 Desember 1966. Ia mengenyam pendidikan seminari menengah di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Dia ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 8 Juli 1995 dan kemudian bertugas sebagai pastor kapelan di Paroki Hati Kudus Kramat, Jakarta.

Pada tahun 1996, ia belajar teologi di Universitas Albert-Ludwig, Freiburg, Jerman dan meraih gelar dokter. Sejak tahun 2002, beliau menjabat sebagai dosen teologi dogmatik di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara di Jakarta.

Ia juga selalu menjadi pembicara dalam berbagai seminar.

Pada tahun 2007, ia terpilih menjadi wakil provinsial OFM. Dua tahun kemudian, ia menjadi provinsial setelah Provinsial OFM kala itu yang kini menjadi Uskup Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM diangkat menjadi anggota defenitor OFM di Roma.

Pada proses pemilihan provinsial periode berikutnya, Sunarko kembali terpilih. Ia menempati jabatan tersebut hingga namanya dipilih Paus Fransiskus sebagai uskup.

Pada 2014, ia juga terpilih sebagai ketua Konferensi Pemimpin Tinggi Tarekat Religius (Koptari) se-Indonesia.

Kakak dari Sunarko juga seorang imam, yakni Romo Laurentius Sutadi, yang kini menjadi Vikaris Jenderal di Keuskupan Ketapang.

Pastor Vinsensius Darmin Mbula OFM, Ketua Majelis Nasional  Pendidikan Katolik (MNPK) menyebut Sunarko sebagai sosok yang rendah hati.

“Dia orang yang sederhana, sabar, tenang dan bersahaja,” katanya.

Pastor Justinus Sudarminta SJ, dosen di Driyarkara mengatakan, Uskup terpilih Sunarko adalah seorang teolog yang cerdas dan baik.

“Driyarkara kehilangan dosen yang berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Pastor Ferdinandus Supandri SX, mantan muridnya mengatakan,”Sudah lama saya menunggu kabar baik ini dan ternyata kemudian bisa terealisasi. Dia layak menjadi uskup,” katanya.

Pangkalpinang merupakan ibu kota Provinsi Bangka-Belitung. Dan keuskupan Pangkalpinang meliputi provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Keuskupan tersebut memiliki sekitar 58.000 umat Katolik dari berbagai suku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi