- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

Pejabat gereja India mengecam pembunuhan tujuh peziarah Hindu

Pejabat gereja India mengecam sebuah serangan yang diduga dilakukan oleh militan Islam yang menewaskan tujuh peziarah Hindu di Himalaya.

Sebuah bus yang membawa peziarah yang bepergian di distrik Anantnag, negara bagian Jammu dan Kashmir, terjebak dalam baku tembak ketika tersangka militan Islam pada 10 Juli menyerang sebuah patroli tentara di sana, kata kepala polisi Muneer Khan kepada wartawan.

Di daerah yang sama pada tahun 2000, militan dengan sengaja membunuh 21 orang selama ziarah tahunan ke gua Amarnath, yang terletak 3.800 meter di atas permukaan laut, yang memiliki lapisan es setinggi sembilan kaki yang dianggap sebagai simbol dewa Siwa.

Khan mengatakan bahwa serangan terakhir ditujukan kepada pasukan keamanan dan bukan peziarah.

Militan Islam, berjuang untuk memisahkan negara yang didominasi Muslim dari pemerintahan India, telah mengangkat senjata melawan tentara India yang berusaha menekan gerakan tersebut. Seringkali serangan militan dipandang sebagai serangan umat Islam terhadap umat Hindu, meningkatkan ketegangan di kalangan masyarakat setempat.

Kantor konferensi waligereja India di New Delhi mengutuk serangan tersebut.

“Serangan terbaru adalah Tanda-tanda api kekerasan yang tampaknya melanda negara ini,” kata sebuah pernyataan dari Uskup Theodore Mascarenhas, sekretaris jenderal Konferensi Waligereja India.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa gereja tersebut “sangat khawatir” oleh kekerasan sektarian yang “Mengipasi” beberapa negara bagian dan mengajukan permohonan untuk memulihkan perdamaian.

“Sebuah negara tidak dapat berkembang jika ia terbagi atas dasar kasta, kepercayaan dan agama,” katanya.

Pejabat di Keuskupan Jammu dan Srinagar yang mencakup seluruh negara bagian itu juga menyebut insiden tersebut sebagai serangan atas gagasan Kashmir yang dikenal karena keramahan dan toleransi beragamanya.

Juru bicara Keuskupan, Pastor Saiju Chacko mengatakan kepada ucanews.com bahwa “masyarakat Kashmir tidak berafiliasi dengan ideologi militan dan karenanya setiap upaya harus dilakukan untuk meredakan ketegangan karena agama.”

Pemimpin ulama Kashmir Mirwaiz Umar Farooq dan pemimpin separatis lainnya termasuk Syed Ali Geelani dan Yasin Malik telah menyebut serangan tersebut “sebuah persekongkolan melawan gerakan kebebasan Kashmir.”

“Insiden ini bertentangan dengan butiran etos Kashmir,” kata para pemimpin dalam sebuah pernyataan bersama.

Ziarah telah “berlangsung dengan damai selama berabad-abad dan merupakan bagian dari ritme tahunan kita dan akan tetap demikian. Hati kita bersama dengan keluarga yang berduka dan kita mengucapkan belasungkawa sepenuh hati kepada mereka,” kata pimpinan.

Selama lebih dari 60 hari setiap tahun, antara bulan Juli dan Agustus, lebih dari setengah juta orang Hindu melakukan perjalanan lima hari yang berbahaya, yang dikenal sebagai Amarnath Yatra, untuk memberi penghormatan kepada dewa Siwa, dewa perusak dalam trinitas Hindu.

Sejauh ini, 44 peziarah telah terbunuh oleh kelompok militan dalam berbagai serangan di Kashmir. Setelah pembunuhan tahun 2000, enam peziarah terbunuh pada tahun 2001 dan delapan peziarah terbunuh tahun ini.

 

Baca juga: Indian church officials condemn killing of Hindu pilgrims [1]