UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus dukung gerakan menerapkan ‘Laudato Si’ dalam aksi nyata global

Juli 14, 2017

Paus dukung gerakan menerapkan ‘Laudato Si’ dalam aksi nyata global

Paus Fransiskus mendukung kampanye untuk menerapkan Laudato Si dalam aksi nyata menyelamatkan bumi (ANSA)

Setelah ulang tahun kedua ensiklik “Laudato Sì” – Merawat Bumi Sebagai Rumah Bersama- Paus Fransiskus telah menyetujui sebuah kampanye gadai yang bertujuan untuk memobilisasi setidaknya 1 juta orang untuk secara langsung terlibat dalam mengubah pesan ensiklik tersebut menjadi tindakan nyata.

Kampanye global yang diselenggarakan dan dipromosikan oleh Global Catholic Climate Movement (GCCM) tersebut meminta mereka yang menandatangani untuk menjawab panggilan Laudato Sì dengan berdoa bersama dan dengan ciptaan, hidup lebih sederhana, dan melindungi rumah kita bersama.

Kampanye mendukung Laudato Sì ini telah mendapat dukungan dari para pemimpin Gereja dari seluruh dunia termasuk Kardinal Turkson, Kardinal Tagle, Kardinal Ribat, Kardinal Cupich dan Kardinal Marx. Kampanye tersebut juga mengumpulkan dukungan dari pemimpin besar yang peduli lingkungan.

“Kami bersyukur dan mendapat dukungan dari Paus Fransiskus untuk menyelenggarakan kampanye Laudato Si ini. Dengan 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia, kami memiliki peran penting dalam menangani perubahan iklim dan krisis ekologis yang lebih luas,” kata Tomás Insua, Direktur Eksekutif Global Catholic Climate Movement, seperti dilaporkan Radio Vatikan.

Paus Fransiskus telah mengubah diskusi seputar perubahan iklim dan kampanye global ini mengundang kita untuk menerapkan ajaran Gereja dalam tindakan sekaligus menjawab seruan mendesak untuk perubahan tindakan politik dan gaya hidup yang kuat seperti yang diajukan Laudato Si.

Dukungan Paus memperkuat momentum tindakan iklim Gereja Katolik baru-baru ini, misalnya Paus Fransiskus meminta agar Angela Merkel mengangkat kesepakatan iklim Paris selama KTT G20, beberapa organisasi Katolik baru-baru ini didivestasi dari bahan bakar fosil, GCCM bergabung dengan kelompok Kristen lainnya yang mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan yang kuat sebelum G7 bulan lalu dan Direktur Eksekutif MCCM bergabung dengan pemimpin ilmiah, politik dan agama lainnya dalam menerbitkan sebuah surat di Nature Magazine untuk mendorong G20 mengakui urgensi krisis iklim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi