UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Balas Jasa, Pakistan Adakan Pemakaman Kenegaraan Bagi Suster Ini

Agustus 11, 2017

Balas Jasa, Pakistan Adakan Pemakaman Kenegaraan Bagi Suster Ini

Suster Ruth Pfau (tengah) ketika bertemu dengan warga desa Begna, Pakistan. Sr. Pfau mendirikan Marie Adelaide Leprosy Center tahun 1960 di Karachi ketika ia berusia 29 tahun. (Asif Hassan/AFP)

Biarawati yang dijuluki “Bunda Teresa dari Pakistan” Suster Ruth Pfau, seorang dokter medis yang mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk merawat pasien kusta, meninggal pada 10 Agustus pada umur 87 tahun.

Pemerintah Pakistan akan mengadakan upacara pemakaman kenegaraan minggu depan.

Suster Pfau, pendiri Program Pengendalian Kusta Nasional, meninggal di Rumah Sakit Aga Khan di ibukota Karachi, di mana dia mulai dirawat dua minggu yang lalu karena penyakit yang berhubungan dengan usia.

Biarawati asal Jerman ini dan anggota Tarekat Putri Hati Maria mendirikan Marie Adelaide Leprosy Center (MALC) di Karachi dan di provinsi-provinsi lain setelah tiba di Pakistan pada tahun 1960 ketia dia berusia 29 tahun.

Karena usahanya, pada tahun 1996 Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa Pakistan adalah salah satu negara pertama di Asia yang mengendalikan kusta. Dia dianugerahi penghargaan sipil tertinggi, ‘Hilal-e-Pakistan’ dan ‘Hilal-e-Imtiaz.

Ucapan belasungkawa dan penghargaan atas karyanya mengalir di media sosial setelah pengumuman kematiannya.

“Semoga jiwanya beristirahat dalam damai dan semoga banyak orang lain mengikuti jejaknya,” demikian cuitan Arif Alvi, seorang anggota parlemen oposisi, di Twitter.

“Dr Ruth Pfau merupaka legenda Pakistan. Dia mewakili empati & dedikasi tertinggi manusia. Semoga Tuhan memberikan kedamaian dan ketenangan bagi jiwanya,” kata Mosharraf Zaidi, seorang kolumnis Pakistan, di Twitter.

Mervyn F. Lobo, Direktur Eksekutif MALC, mengungkapkan kesedihan mendalam.

Sebuah upacara pemakaman akan diadakan di Katedral St. Patrick di Karachi pada 19 Agustus.

Sebagai pengakuan atas layanan yang diberikan oleh Sisiter Pfau untuk Pakistan, Perdana Menteri Shahid Khaqan Abbasi telah mengumumkan sebuah pemakaman kenegaraan untuknya.

ucanews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi