UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Kongregasi yang Didirikan Mother Teresa Terus Berkembang

Agustus 31, 2017

Kongregasi yang Didirikan Mother Teresa Terus Berkembang

Seorang biarawati India dari Ordo Misionaris Cinta Kasih berdoa di makam Bunda Teresa pada peringatan 107 tahun kelahirannya di rumah kongregasi itu di Kolkata 26 Agustus 2017.

Konggregasi Misionaris Cinta Kasih  yang didirikan oleh St bunda Teresa dari Calcutta terus berkembang bahkan di daerah yang sulit, kata pemimpin kongregasi itu saat mereka merayakan ulang tahun kelahiran ke-107 Bunda Teresa, perayaan pertama setelah kanonisasi.

Konggregasi tersebut membuka tiga rumah lagi di bulan Mei, kata Suster Mary Prema, penerus ibu Teresa yang juga superior jenderal konggregasi tersebut.

Para biarawati membuka sebuah rumah di Khandamal, di negara bagian Odisha India bagian timur, di mana sembilan tahun lalu orang Kristen menyaksikan serangan sengit dari ekstremis Hindu. Pemimpin Kristen mengatakan bahwa umat kristiani terpencar sejak serangan tersebut dan orang-orang di wilayah tersebut terus hidup dalam ketakutan.

Misionaris Cinta Kasih juga membuka sebuah rumah di Motijhil, di kota Kolkata, India timur, tempat Ibu Teresa pertama kali melayani “yang paling miskin dari orang miskin”. Kongregasi memiliki kantor pusat di Kolkata (dahulu Calcutta) dan di mana biarawati tersebut meninggal pada tahun 1997.

Suster Prema mengatakan kepada ucanews.com bahwa rumah ketiga dibuka pada tanggal 13 Mei atas permintaan Paus Fransiskus di Bajo Flores, wilayah selatan Flores daerah sekitar Buenos Aires. “Di sana mereka membutuhkan suster di bidang penyalahgunaan obat terlarang dan pengangguran,” katanya.

Biarawati kelahiran Jerman berusia 63 tahun itu terpilih pertama kali pada tahun 2009 untuk jangka waktu enam tahun untuk menggantikan Suster Nirmala Joshi, yang mengambil alih jabatan Ibu Teresa pada tahun 1997.

Konggregasi Misionaris Cinta Kasih terus berkembang bahkan setelah kematian Ibu Teresa. Pada saat kematiannya, konggregasi tersebut memiliki kurang lebih 4.000 biarawati di 520 biara di sekitar 100 negara.

Sekarang memiliki 5.175 biarawati di 758 rumah yang tersebar di 139 negara, beberapa di antaranya berada di daerah yang dilanda kemiskinan dan konflik.

Suster Prema berbicara dengan ucanews.com saat kongregasinya merayakan ulang tahun kelahiran Mother Teresa yang ke-107 pada 26 agustus dengan doa dan bunga di biara pusat mereka di Kolkata.

Suster Prema mengatakan bahwa kongregasi tersebut merayakan ulang tahun Ibu Teresa saat dia masih hidup dan melanjutkan tradisi tersebut karena “kami merasakan kehadirannya di antara kami,” katanya.

Ibu Teresa lahir pada tahun 1910 di Skopje, sekarang ibu kota Makedonia. Dia datang ke India pada tahun 1929 sebagai seorang novis bersama para suster Loreto. Dia meninggalkan kongregasi pada akhir 1940-an dan memulai misi Misionaris Kasih pada tahun 1950.

Paus Fransiskus menyatakan Bunda Teresa sebagai seorang santa pada 4 September 2016 di Vatikan.

One response to “Kongregasi yang Didirikan Mother Teresa Terus Berkembang”

  1. Parningotanna Dameria Siahaan says:

    Suster, perkenalkan saya Dame. Saya berumur 25 tahun dan saya sudah baptis katolik sejak lahir. Saya tertarik untuk bergabung dengan Ordo santa Theresa ini stelah perjalanan panjang kehidupan saya. Suster bolehkah saya mendapatkan informasi apabila saya ingin bergabung dalam ordo Santa Theresa. Apa sajakah yang harus saya lakukan dan saya persiapkan. Mohon doa dan informasi nya Suster. Terimakasih Suster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi