UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Ingatkan Uskup Jepang agar Tidak Melupakan Martir

September 21, 2017

Paus Ingatkan Uskup Jepang agar Tidak Melupakan Martir

Paus Fransiskus mengirim pesan khusus kepada para uskup Jepang yang disampaikan oleh Kardinal Fernando Filoni, yang mengunjungi negara itu Sept. 2017. (Alberto Pizzoli/AFP)

Banyak tantangan di Jepang membuat panggilan gereja menjadi garam dan cahaya serta harapan menjadi lebih mendesak dari sebelumnya, Paus Fransiskus mengatakan kepada para uskup di negara itu.

Kenyataannya, sejarah panjang bangsa ini dimana keberanian para martir menunjukkan “kekuatan penginjilan yang sebenarnya dari gereja kalian,” katanya, dan mereka adalah harta besar yang harus selalu diingat, dihargai dan menjadi fundasi.

Ucapan paus disampaikan dalam sebuah surat yang ditujukan kepada semua uskup di Jepang, dan  disampaikan oleh Kardinal Fernando Filoni, prefek Kongregasi untuk Evangelisasi, yang mengunjungi Jepang pada tanggal 17-26 September.

Beberapa dari sederetan masalah yang mengkhawatirkan yang dihadapi negara termasuk tingkat perceraian yang tinggi, bunuh diri, ketidakpedulian pada agama dan “obsesi untuk pekerjaan dan pendapatan,” kata paus dalam surat tertanggal 14 September, pada hari raya Salib Suci.

Negara yang sangat maju bisa menghasilkan kekayaan material, tapi juga kemiskinan material, spiritual, moral dan eksklusi, tulisnya.

Itulah mengapa ia mendesak gereja di Jepang agar terus-menerus “menjadi garam dan cahaya” di dunia, katanya.

Seperti garam asli, katanya, gereja harus mencegah “pembusukan dan memberi rasa,” dan seperti cahaya, “menjaga agar tidak terjadi kegelapan.”

Seperti benih sesawi yang kecil, Gereja Katolik menjadi minoritas di Jepang telah dipercayakan dengan sebuah misi besar, dan kurangnya pastor dan agama di sana tidak boleh menghalangi panggilan untuk menginjil, katanya.

Sebaliknya, hal itu harus mengilhami mereka untuk tanpa lelah mencari pekerja baru untuk kebun anggur Tuhan.

 

Baca juga: Pope tells Japanese bishops not to forget early martyrs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi