UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Taiwan Kembali Mengundang Paus Fransiskus untuk Berkunjung

Oktober 3, 2017

Taiwan Kembali Mengundang Paus Fransiskus untuk Berkunjung

President Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Kardinal Peter Turkson di kantor kepresidenan untuk membahas hubungan bilateran kedua negara.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyampaikan undangan kepada Paus Fransiskus untuk mengunjungi negara tersebut. Undangan tersebut merupakan yang keempat kalinya dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Tsai menyampaikan undangan tersebut ketika bertemu Kardinal Peter Turkson, prefek  Dikasteri untuk Peningkatan Pembangunan Manusia Seutuhnya, untuk membahas kerjasama tentang bantuan kemanusiaan dan urusan lainnya.

Undangan pertama kepada paus untuk mengunjungi Taiwan dilakukan pada Desember 2015 oleh mantan Dubes untuk Tahta Suci Larry Yu-yuan Wang. Yang kedua dilakukan pada September 2016 ketika Wakil Presiden Chen Chien-Jen mengunjungi Vatikan, dan yang ketiga pada bulan Agustus oleh Menteri Luar Negeri sehingga bertepatan dengan kunjungan Paus Fransiskus ke Myanmar dan Banglades akhir tahun ini.

Kardinal Turkson mengunjungi Taiwan untuk memimpin Kongres Kerasulan Laut Sedunia ke-24 di Kaohsiung dari1-7 Oktober dan menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Katolik Fu Jen.

Bertemu di kantor kepresidenan, Tsai mengatakan hubungan antara Taiwan dan Vatikan sangat dekat. Dia juga mengatakan ada banyak perkembangan baru dalam hubungan bilateral, seperti penandatanganan memorandum kerjasama bulan Mei tentang pertukaran informasi keuangan untuk bersama-sama memberantas terorisme dan pencucian uang trans-nasional.

Tsai mengatakan dalam beberapa tahun terakhir beberapa kardinal senior dan uskup dari Vatikan mengunjungi Taiwan, sedangkan Taipei sudah mengutus tiga wakil pemerintah untuk mengunjungi Vatikan. Presiden mengatakan dia berharap hubungan dekat terus dibangun ke depannya.

Lebih dari 250 pakar dan skolar dari 50 negara menghadiri Kongres Kerasulan Laut Sedunia  ke-24 itu yang akan fokus pada masalah ketenagakerjaan dalam industri perikanan.

ucanews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi