UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Ex Pengungsi Vietnam Diangkat Menjadi Uskup di Amerika

Oktober 9, 2017

Ex Pengungsi Vietnam Diangkat Menjadi Uskup di Amerika

Tahun 1979, Uskup Nguyen Thai Thanh (kiri) melarikan diri dari Vietnam bersama 26 orang dari keluarga besarnya menuju Filipina (Foto kiri: Orange Diocese, foto kanan AFP)

Paus Fransiskus telah mengangkat imam asal Vietnam, Pastor Nguyen Thai Thanh, yang berhasil selamat dari penganiayaan karena agama di negara asalnya dengan kapal, sebagai uskup auxilier Keuskupan Orange di Amerika Serikat, 6 Oktober.

Uskup terpilih Thanh akan membantu Uskup Kevin Vann dari Orange dan Uskup Auxilier Timothy Freyer dalam memenuhi kebutuhan spiritual 1,3 juta umat Katolik di keuskupan itu, termasuk 100.000 keturunan Vietnam.

Sebelum penunjukannya sebagai uskup baru, Pastor Thanh bertugas di Paroki St. Joseph di Keuskupan St. Augustinus di Florida.

Uskup terpilih Thanh lahir pada tahun 1953 di Nha Trang City, Vietnam bagian selatan, dan merupakan anak kedua dari delapan anak laki-laki dan tiga perempuan. Dia masuk Seminari St. Joseph pada tahun 1966 dan belajar di Universitas Da Lat.

Setelah negara tersebut disatukan kembali di bawah pemerintahan komunis pada tahun 1975, dia dan para seminaris lainnya dipaksa bekerja keras di persawahan agar diizinkan melanjutkan studinya.

Pada tahun 1979 setelah menderita penganiayaan karena agama, Uskup Thanh terpilih bersama 26 anggota keluarga besarnya menaiki perahu motor kecil dan menuju Filipina. Tidak lama kemudian perahu mereka diterjang badai tropis dan terkatung-katung selama 18 hari di laut, beberapa tanpa makanan atau air sebelum tiba dengan selamat di Filipina. Setelah 10 bulan berada di sebuah kamp pengungsi, mereka berangkat ke Amerika pada tahun 1980.

Dia melanjutkan pendidikannya dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1991. Imam tersebut – yang terkenal karena kecintaannya terhadap musik dan keterampilan bermain gitar – bergabung dengan Keuskupan St. Augustinus pada tahun 1999.

Uskup terpilih Thanh akan menjadi uskup auxilier kedua keuskupan Vietnam. Yang pertama adalah Uskup Dominic Luong, yang pensiun pada Januari 2016.

 

Baca juga: Former Vietnamese refugee appointed bishop in US

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi