UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Timika Tekankan Pentingnya Pendidikan bagi Masa Depan Papua

Oktober 9, 2017

Uskup Timika Tekankan Pentingnya Pendidikan bagi Masa Depan Papua

Uskup Timika, Papua, Mgr John Philip Saklil, Pr bersama sejumlah umat Katolik di Timika.

Orangtua memiliki peran yang penting bagi pertumbuhan anak-anak dan karena itu harus memperhatikan pendidikan putra dan putri mereka. Hanya melalui pendidikan yang baik dan berkualitas, anak-anak asli Papua bisa berkompetisi dalam bidang apa saja di masa depan, demikian disampaikan Uskup Timika,  Mgr John Philip Saklil.

Uskup Saklil juga berharap agar keluarga-keluarga Katolik di wilayah Keuskupan Timika benar-benar memperhatikan  pertumbuhan iman putra-putri mereka agar semakin banyak benih panggilan yang bertumbuh di sana.

“Untuk mau bekerja dimana saja, kalau tidak sekolah maka tidak bisa apa-apa. Jadi, harus sekolah yang baik,” kata Uskup Timika di Papua Mgr John Philip Saklil.Uskup Saklil pada 8 Oktober seperti ditulis Antara News.

Uskup Saklil mengapresiasi semakin banyaknya orang muda dari suku-suku asli Papua yang ingin menjadi pelayan Tuhan, di antaranya menjadi pastur, biarawati, dan lain-lain. Salah satu suku asli Papua yang menyumbang tenaga pastur terbanyak yaitu Suku Mee, Paniai.

Pada Sabtu, 8 Oktober, bertempat di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Mgr Saklil menahbiskan empat pastur baru yaitu Pastor Yance Yanuarius Agapa Pr, Pastor Selpius Goo Pr, Pastor Yosias Ferdinand Wakris Pr dan Pastor Ibrani Gwijangge Pr.

Pastor Ibrani Gwijangge dan Pastor Yosias Ferdinand Wakris merupakan putra pertama dari Suku Amungme-Nduga dan Suku Biak Numfor yang ditahbiskan menjadi imam.

Uskup Saklil berharap dengan ditahbiskan kedua imam baru dari Suku Amungme-Nduga dan Biak itu maka semakin banyak orang muda yang terpanggil untuk bekerja sebagai pelayan Tuhan.

“Sekolah pastor itu lama. Harus sekolah mulai dari SD sampai SMA lalu lanjutkan pendidikan ke seminari tinggi selama tujuh tahun. Disana mereka ditempa terus sampai menyatakan sikap bebas untuk siap menjadi pelayan Tuhan seumur hidup mereka,” jelasnya.

 

 

Selengkapnya: Uskup Timika: Orangtua harus perhatikan pendidikan anak-anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi