UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Tegaskan Komitmen Gereja untuk Memerangi Pelecehan Anak

Oktober 10, 2017

Paus Tegaskan Komitmen Gereja untuk Memerangi Pelecehan Anak

Paus Fransiskus ketika hendak memimpin doa Angelus hari Minggu di Maggiore saat mengadakan kunjungan pastoral di Bologna, 1 Oktober. (AFP)

Mengakui gereja sering kali gagal melindungi anak-anak dari pelecehan seksual, Paus Fransiskus berjanji untuk bekerja keras dan dengan pandangan ke depan untuk melindungi anak di bawah umur dan martabat mereka, termasuk secara online.

“Seperti yang kita semua ketahui, dalam beberapa tahun terakhir gereja mengakui kegagalannya sendiri dalam memberikan perlindungan bagi anak-anak. Fakta-fakta yang sangat serius telah terungkap, dimana kita harus menerima tanggung jawab kita di hadapan Allah, di hadapan para korban dan dihadapan opini publik, “kata paus pada 6 Oktober seperti dikutip Catholic News Service.

Paus Fransiskus menyambut para peserta kongres internasional untuk melindungi anak-anak di dunia digital di Vatikan, yang diselenggarakan oleh Pusat Perlindungan Anak Universitas Pontifikal Gregoriana dalam kemitraan dengan WePROTECT Global Alliance. Kongres berlangsung 3-6 Oktober dan dirancang untuk melibatkan komunitas umat iman, kepolisian, industri perangkat lunak, media sosial, media massa, organisasi nirlaba dan pemerintah untuk bekerja sama melindungi anak di bawah umur dengan lebih baik lagi.

Paus Fransiskus mengatakan kepada kelompok tersebut bahwa merupakan “pengalaman menyakitkan” menyaksikan pelecehan anak-anak yang dilakukan oleh berapa klerus, tapi juga sebagai hasil dari “pelajaran yang diperoleh dalam proses pertobatan dan pemurnian, gereja hari ini merasa sangat terikat untuk bekerja dengan keras dan dengan pandangan ke depan untuk melindungi anak di bawah umur dan martabat mereka, tidak hanya di dalam jajarannya sendiri, tetapi juga di masyarakat sebagai keseluruhan dan seluruh dunia. ”

Paus berusia 80 tahun itu mengatakan bahwa dengan pertumbuhan teknologi digital yang eksplosif, “kita hidup di dunia baru yang tidak pernah terbayangkan ketika kita masih muda.”

 

LINK: Pope pledges church commitment to fight child abuse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi