UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Taiwan Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Vatikan

Oktober 11, 2017

Taiwan Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Vatikan

Merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Taiwan dan Vatikan di Universitas Kepausan. Vatikan merupakan satu-satunya negara di Eropa di antara 20 negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Taiwan. (Foto Kedutaan Besar Republik China [Taiwan]).

Kedutaan Besar Republik China untuk  Takhta Suci merayakan ulang tahun ke-75 hubungan diplomatik antara Taiwan dan Vatikan pada sebuah acara yang diadakan di Universitas Kepausan di Roma pada 5 Oktober yang lalu.

Selama acara yang diadakan di sebuah auditorium, Sekretaris Hubungan Antarnegara dari Sekretariat Negara Uskup Agung Paul R. Gallagher berjanji bahwa Vatikan akan melanjutkan kemitraannya dengan Taiwan.

Uskup agung tersebut mengatakan bahwa Vatikan akan mendukung dialog positif dan memfasilitasi pertukaran praktis untuk kepentingan umat manusia.

Matthew Lee, duta besar Taiwan untuk Vatikan, mengatakan negaranya menghadapi banyak tantangan sulit selama 75 tahun terakhir ini berkembang menjadi sebuah masyarakat dengan kemajuan ekonomi, demokrasi politik dan kebebasan beragama.

“Meskipun hubungan  Taiwan (dengan China) tidak berjalan sempurna, Taiwan dapat melakukan lebih dari yang bisa dibayangkan di dunia,” kata Lee.

Turut diundang dalam acara itu 10 orang pastor asing dan biarawati dari 10 kongregasi  yang diberi sertifikat ucapan terima kasih atas pekerjaan mereka di Taiwan. Diantaranya adalah Pastor Andres Diaz de Rabago dari Spanyol yang bertugas di Taiwan selama hampir 50 tahun. Pastor Rabago baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 100 dan pada acara tersebut dinyanyikannya selamat ulang tahun.

Acara tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Nasional Taiwan.

Vatikan adalah satu-satunya negara Eropa di antara 20 sekutu diplomatik Taiwan.

ucanews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi