UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan Menerima Pengunduran Diri Uskup Ruteng

Oktober 11, 2017

Vatikan Menerima Pengunduran Diri Uskup Ruteng

Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng Pr pada 11 Oktober 2017

Paus Fransiskus pada hari Rabu 11 Oktober 2017 menerima pengunduran diri Mgr Hubertus Leteng dari jabatannya sebagai pemimpin pastoral di Keuskupan Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Bapa Suci juga telah mengangkat Mgr. Silvester San, Uskup Denpasar, sebagai Administrator Apostolik dan melimpahkan kepadanya semua kewenangan dan tugas-tugas, seperti kewenangan dan tugas dari seorang uskup pada subjek wilayah yang berada di bawah Kongregasi Propaganda Fide.

Romo Fabio Salerno, Pelaksana Tugas ad interim dari Nunciatura Apostolik di Indonesia, dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa tugas-tugas dari Administrator Apostolik akan berakhir ketika Pontifice Romano sudah mengangkat uskup baru untuk Keuskupan Ruteng dan telah mengambil alih secara kanonik jabatan tersebut.

Romo Fabio juga mengajak para imam untuk bekerja sama dengan Administrator Apostolik, menunjukkan kesediaan, rasa tanggungjawab dan semangat persaudaraan imamat. Dia juga telah meminta mereka untuk mengembangkan persatuan, kerukunan dan keharmonisan umat Allah, agar umat Allah dapat mengalami sukacita dalam damai Tuhan.

Selanjutnya Romo Fabio meminta semua pihak untuk berdoa bagi Mgr Hubertus Leteng yang telah menjalankan tugas selama tujuh tahun sebagai pelayan pastoral di Keuskupan Ruteng, dan juga mendoakan Mgr Silvester Sana sehingga beliau dapat menghasilkan buah berlimpah selama menjalanakan tugas pelayanan di Keuskupan Ruteng.

Romo Fabio juga berterima kasih kepada Mgr Silvester San atas kesediaannya menerima tugas yang sangat penting ini.

 

BERITA TERKAIT SKANDAL DI KEUSKUPAN RUTENG:

Investigasi Skandal di Keuskupan Ruteng Rampung, Tunggu Hasilnya

Vatikan akan segera memutuskan nasib Uskup Ruteng

Terkait Polemik di Keuskupan Ruteng, Akan Digelar Doa Bersama di Kedutaan Vatikan

Vatikan Tunjuk Visitator Apostolik untuk Selesaikan Konflik Keuskupan Ruteng

Pendukung Mgr Hubertus Leteng Meminta Umat Membela Uskup

 

2 responses to “Vatikan Menerima Pengunduran Diri Uskup Ruteng”

  1. Nikolaus Ola, OMI says:

    Vatikan telah memilih yg terbaik untk Keuskupan Ruteng khususnya, dan Gereja Katolik Indonesia pada umumnya. Terima kasih Rm. Hubertus Leteng atas pengabdianmu sebgai Gembala Agung selama 7 tahun. Ketika menara pertobatan pribadi runtuh lalu yg dibangun adalah menara kesombongan, yg penuh dg aneka ketamakan. Maka marilah kita semua, khususnya Umat keuskupan Ruteng dan para Gembalanya utk membangun kembali menara pertobatan. Semoga Mgr San selalu dikuatkan utk menghimpun kembali yg tercerai berai, baik umat maupun para gembalanya. Saya setia mendoakan keuskupan Ruteng dari tanah rantau…

  2. Matheus Krivo says:

    Mgr Hubert, terima kasih untuk kesetiaanmu menjadi uskup Ruteng. Sikapmu memilih jalan ini adalah anugerah Roh untuk kebaikan bersama. Waktulah yang akan membuktikan apakah Mgr bersalah atau tidak. Yang menuduhmu juga tidak berarti mereka menang. Semua akan ada resiko yang akan diberikan pada waktunya. Jadilah uskup dimana saja Mgr berada. Masih banyak umat Allah yang siap mendukungmu. Doaku semoga Keuskupan Ruteng jangan lagi dipimpin oleh sesama orang Manggarai. Biarkan berasal dari luar daerah supaya sungguh berada di tengah-tengah untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi