UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Jadwal Kunjungan Paus ke Myanmar, Bangladesh Diumumkan

Oktober 12, 2017

Jadwal Kunjungan Paus ke Myanmar, Bangladesh Diumumkan

Paus Fransiskus dan Aung San Suu Kyi saat bertemu di Vatikan 4 Mei 2017. Paus akan mengunjungi Myanmar 27-30 Novermber, selanjutnya ke Bangladesh.(AFP)

Perjalanan Paus Fransikus ke Myanmar dan Bangladesh akan menjadi momentum untuk mengenali perjuangan kemerdekaan masing-masing negara, menggarisbawahi rasa hormat antaragama dan mendorong komunitas Katolik setempat.

Paus Fransiskus akan mengunjungi Myanmar pada 27-30 November, hanya beberapa bulan setelah Tahta Suci mengumumkan bahwa mereka telah membangun hubungan diplomatik penuh dengan negara Asia Tenggara itu. Dia akan bertemu dengan Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto negara itu dan pemenang Nobel Perdamaian 1991.

Kunjungan tersebut juga muncul keitka pertanyaan-pertanyaan serius diajukan mengenai perlakuan pemerintahnya terhadap orang-orang Rohingya, yang beragama Islam.

Paus Fransiskus telah meminta perlindungan mereka pada beberapa kesempatan, menyebut Rohingya “orang baik yang merupakan ‘saudara dan saudari kita,’ yang telah menderita selama bertahun-tahun. Mereka telah disiksa, terbunuh, hanya karena mereka ingin mempertahankan tradisi mereka dan iman Muslim mereka. ”

Sorotan lain selama perjalanan – yang merupakan perjalanan paus ke luar negeri yang ke-21 dalam lima tahun masa kepausannya- adalah pertemuannya dengan para biksu Buddha berpangkat tinggi di pagoda perdamaian di ibukota.

Menurut statistik terbaru Vatikan, Myanmar memiliki sekitar 659.000 umat Katolik dari populasi sekitar 51 juta orang.

Paus akan mengunjungi ibukota Bangladesh pada 30 November-2 Desember 2017. Dia akan menahbiskan imam baru dan mengunjungi pusat Misionaris Cinta Kasih yang membantu anak-anak miskin.

Menurut statistik Vatikan, ada sekitar 375.000 umat Katolik di Bangladesh, sekitar 0,3 persen dari populasi. Sebagian besar orang di negara ini adalah Muslim.

 

Jadwal selengkapnya: Pope’s schedule for visit to Myanmar and Bangladesh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi