UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Komunitas MAGIS Beri Penyuluhan Gigi untuk Anak-anak Nelayan

Nopember 30, 2017

Komunitas MAGIS Beri Penyuluhan Gigi untuk Anak-anak Nelayan

Anak-anak di Jakarta Utara mendapat penyuluhan tentang kesehatan gigi oleh komunitas Magis Jakarta pada 26 November 2017

Puluhan anak kecil berlarian dan berkumpul di Rumah Kerang Puteri Kasih, Cilincing, Jakarta Utara, untuk mengikuti penyuluhan gigi untuk anak-anak yang dilakukan komunitas MAGIS Jakarta pada hari minggu pagi 26 November.

Rumah Kerang Puteri Kasih menjadi sebutan untuk sebuah rumah yang dibina oleh suster-suster Puteri Kasih di daerah Cilincing, Jakarta untuk melayani warga sekitar dalam hal pendidikan, kesehatan, pendayagunaan dll tanpa memadang agama, suku dsb. Mayoritas warga menyandarkan hidupnya sebagai nelayan dan pengupas kerang.

Dalam acara tersebut, anak-anak yang berjumlah sekitar 60 anak dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah anak dari tingkat TK – 3 SD dan kelompok kedua dari kelas 4-6 SD. Anak-anak di kelompok pertama diberikan pertunjukan boneka yang menekankan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kelompok kedua diberikan drama yang diperankan oleh panitia dengan tema yang sama.

Setelah itu, anak-anak antuias dalam menjawab karena diadakan pertanyaan berhadiah yang berhubungan kegiatan sebelumnya. Selanjutnya, anak-anak diberi contoh tentang bagaimana menggosok gigi yang benar dengan cara bernyanyi dan dengan phantom gigi.

Dalam kegitatan tersebut anak-anak dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah anak TK hingga kelas 3 SD dan kelompok kedua dari kelas 4-6 SD.

 

Setelah menerima penjelasan dan contoh tentang cara menggosok gigi yang benar, anak-anak diajak untuk mempraktekkannya sendiri menggunakan sikat dan pasta gigi yang sudah disediakan panita.

Suster Adriana, PK memberikan tanggapan positif dengan kegiatan ini. Beliau dalam sambutannya menekankan kepedulian orang muda akan orang miskin walau dalam hal sederhana.

“Kemiskinan tidak selalu berhubungan dengan harta, namun juga ada kemiskinan akan kasih, kepedulian dan perhatian. Orang miskin adalah harta yang  diberikan Tuhan untuk kita. Dari mereka, kita menemukan wajah Allah,” ujar suster yang selaku Pembina Rumah Kerang saat ini.

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Mat 25:40) merupakan penggalan bacaan Injil di hari minggu ini. Kegiatan ini dilakukan bertepatan pada Perayaan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam yang baru saja kita rayakan menjelang Hari Minggu I Masa Adven.

Uji Tesli selaku Ketua Panitia juga menuturkan “banyak orang sepele akan kesehatan gigi, tapi kalau sudah sakit? Mau melakukan apapun tak enak. Secara tidak langsung, kesehatan gigi berhubungan erat dengan kualitas hidup seseorang. Berangkat dari hal tersebut, kita tergerak untuk mengadakan penyuluhan tentang kesehatan gigi mulut kepada anak usia sekolah. Karena mencegah jelas lebih baik dari pada mengobati.”

Kegiatan yang berlangsung ceria ini ditutup dengan foto bersama. Semoga berawal dari kesadaran gigi anak-anak kecil ini semakin membuka hati kita semua untuk saling memberi dalam bentuk kasih, kepedulian dan perhatian kepada sesama. Serta kegiatan penyuluhan gigi ini tidak akan terhenti disini karena akan diadakan kembali oleh komunitas MAGIS Jakarta. Tunggu tanggal mainnya!.

Duc in Altum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi