UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pontianak Berbenah Menyambut Jambore Nasional SEKAMI 2018

Desember 8, 2017

Pontianak Berbenah Menyambut Jambore Nasional SEKAMI 2018

Rapat persiapan panitia jambore nasional Serikat Kepausan Anak dan Remaja Mosioner Indonesia (SEKAMI) di paroki Maria Ratur Pembawa Damai (MRPD) di Pontianak, 7 Desember 2017 (Tribunnews.com)

Panitia jambore nasional Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner Indonesia (SEKAMI) mengadakan rapat koordinasi persiapan jambore nasional  di Aula Susteran KFS, paroki Maria Ratu Pembawa Damai (MRPD) di Pontianak, 7 Desemver 2017.

Jambore nasional yang akan diakan pada 3-6 Juli 2018  di Keuskupan Agung Pontianak merupakan bagian dari perayaan 175 tahun SEKAMI yang dirayakan secara internasional. Kegiatan ini akan diikuti oleh 37 keuskupan.

Turut hadir dalam rapat koordnasi pada 7 Desember Pastor Markus Nur Widipranoto, Ketua Komisi Karya Misioner Konfrerensi Waligereja Indonesia (KWI).

Tema jambore nasional SEKAMI kali ini adalah Berbagi Sukacita Injil Dalam Kebhinekaan, dan akan diikuti oleh seluruh keuskupan di Indonesia. Tiap keuskupan akan mengirim 30 perwakilan, dengan keistimewaan peserta dari keuskupan di Kalimantan Barat akan lebih banyak.

“Tema ini diambil karena ingin memadukan apa yang diamanatkan bapa suci Paus Fransiskus dan realitas atau konteks Indonesia,” kata Pastor Markus.

Bapa suci mengamanatkan agar umat Katolik di seluruh dunia hendaknya berbagi sukacita Injil, mewartakan sukacita Injil sebagai identitas gereja.

“Indonesia sendiri sangatlah plural, terdiri dari berbagai macam suku, pulau dan ras, di sinilah kita ingin berbagi sukacita di bumi nusantara,” tambahnya.

Dia mengatakan dalam pertemuan yang dilangsungkan selama empat hari, peserta yang terdiri dari remaja dan pendamping akan bersama-sama belajar lebih lanjut mengenai identitas gereja yang berbagi sukacita Injil.

“Anak-anak diajak untuk mengenal lebih jauh mengenai hakikat gereja misioner dan bagaimana memberikan pemahaman agar dapat direalisasikan dalam konteks kebhinekaan di Indonesia,” tuturnya.

Dia berharap dengan adanya jambore ini para remaja Katolik semakin mencintai negara dan bangsa Indonesia sekaligus semakin memiliki ketangguhan iman katolik.

“Dengan kata lain para peserta akan mengokohkan diri untuk membangun komitmen 100 persen katolik 100 persen Indonesia,” pungkasnya.

Sumber: 37 Keuskupan Seluruh Indonesia Akan Ikuti Jambore Nasional SEKAMI 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi