UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Surat Gembala Mgr Suharyo Tekankan Tahun Persatuan

Januari 3, 2018

Surat Gembala Mgr Suharyo Tekankan Tahun Persatuan

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (Foto: Katharina R. Lestari)

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengawali tahun ini dengan mengeluarkan surat gembala yang menekankan tahun persatuan.

Surat gembala tersebut akan disampaikan sebagai pengganti kotbah pada Perayaan Ekaristi Hari Raya Penampakan Tuhan pada Sabtu dan Minggu (6-7/1) di seluruh paroki di wilayah Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

“Pada tahun 2018 kita ingin mendalami secara khusus sila ketiga ‘Persatuan Indonesia’ dengan semboyan ‘Kita Bhinneka – Kita Indonesia,’” kata Mgr Suharyo dalam surat gembalanya.

Menurut prelatus itu, semboyan tersebut mengandung berbagai macam gagasan yang seyogyanya diterjemahkan menjadi berbagai gerakan yang membarui kehidupan.

“Kalau gerakan-gerakan ini dilakukan secara terus-menerus dan konsisten akan terbentuklah habitus baru, yaitu cara merasa, cara berpikir, cara bertindak dan berperilaku baik, baik dalam tataran pribadi maupun bersama, dalam keluarga, komunitas dan masyarakat yang lebih luas,” lanjutnya.

Mgr Suharyo menambahkan bahwa salah satu penanda gerakan “Kita Bhinneka – Kita Indonesia” adalah gambar Maria Bunda Segala Suku yang sangat khas Indonesia. Gambar ini memiliki Garuda Pancasila di bagian dada, selubung kepala yang berwarna merah dan putih, serta mahkota yang memiliki peta nusantara.

“Semoga gambar ini dapat membantu devosi kepada Maria Bunda Segala Suku, yang akan semakin menyadarkan kita bahwa persaudaraan, kebersamaan, dan persatuan baik di dalam Gereja maupun di dalam masyarakat luas adalah anugerah Tuhan yang terus-menerus mesti dimohon dalam doa sambil didukung dengan gerakan-gerakan yang lain,” katanya.

Mgr Suharyo juga mengajak seluruh umat dan lembaga Katolik di wilayah KAJ “untuk bersama-sama menyambut tawaran-tawaran itu atau secara kreatif merancang gerakan-gerakan lain dalam rangka menyambut Tahun Persatuan 2018 ini.”

Sebelumnya KAJ memilih semboyan “Amalkan Pancasila” dalam Arah Dasar (Ardas) KAJ 2016-2020 sebagai salah satu upaya untuk mengamalkan Pancasila.

Tahun 2016, KAJ mendalami sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” dengan semboyan “Kerahiman Allah Memerdekakan.” Untuk tahun 2017, KAJ memilih semboyan “Makin Adil – Makin Beradab” untuk mendalami sila kedua “Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.”

“Kita ingin semakin memahami, merenungkan dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam masing-masing sila, tahun demi tahun,” kata Mgr Suharyo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Vietnam
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi