UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Misa Novena Maria di Manila Mencatat Rekor Tertinggi

Januari 5, 2018

Misa Novena Maria di Manila Mencatat Rekor Tertinggi

Ratusan ribu orang Filipina memadati basilika Bunda Maria Penolong Abadi di Manila

Umat yang menghadiri Misa hari Rabu pertama di Tempat Ziarah Nasional Maria Bunda Penolong Abadi di Manila mencapai rekor tertinggi tahun ini.

Rektor basilika tersebut mengatakan bahwa sekitar 300.000 pendevosi menghadiri Misa, melebihi tahun sebelumnya yang berjumlah 230.000.

Devosi pada hari Rabu oleh umat Filipina kepada Maria Bunda Penolong Abadi dimulai pada tahun 1946 sebagai tanggapan atas permintaan tentara Amerika yang terluka selama Perang Dunia II.

Meskipun “novena” dilakukan di semua gereja Redemptoris di seluruh Filipina, sekitar 100.000 pendevosi menghadiri misa di gereja di distrik Baclaran, Manila, setiap minggu.

Kata “novena”, berasal dari kata Latin novem yang berarti sembilan, adalah tradisi doa, yang terdiri dari doa pribadi atau bersama yang dilakukan selama sembilan hari atau minggu berturut-turut.

“Setiap tahun jumlah pendevosi menghadiri Misa semakin tinggi,” kata Pastor Carlos Ronquillo, rektor tempat ziarah tersebut.

“Ini memberitahu kita bahwa lebih banyak orang mencari perantaraan Bunda Maria,” tambah imam itu.

Para pendevosi yang membanjiri kompleks gereja minggu ini berasal dari semua lapisan masyarakat, kata Pastor Ronquillo, menambahkan bahwa “mayoritas adalah orang miskin yang memanjatkan permohonan dan doa mereka.”

Selama tiga hari pertama tahun ini, gereja tersebut menerima sekitar 1.500 surat permohonan dan setidaknya 200 ucapan syukur.

Kebanyakan orang berdoa untuk solusi atas masalah keuangan mereka, meminta pekerjaan, sementara yang lain berdoa untuk perdamaian dan rekonsiliasi dalam hubungan, kata pastor tersebut.

Pastor Ronquillo mengatakan bahwa dia tidak dapat menjelaskan kenaikan jumlah pendevosi mengunjungi tempat suci tersebut “namun devosi kepada Maria secara khusus tertanam dalam budaya kami.”

“Fenomena ini mengindikasikan bahwa orang Filipina merasakan dan mengalami cinta abadi dan pertolongan Tuhan melalui perantaraan Maria,” kata imam tersebut kepada ucanews.com.

Novena kepada Bunda yang selalu menolong pada awalnya diterbitkan pada tahun 1899 di Jaen, Spanyol.

Pastor Ronquillo mengatakan bahwa popularitas novena tersebut berhubungan dengan pekerjaan misi kongregasinya yang dipercayakan oleh Paus Pius IX pada tahun 1865 “untuk membuat ikon Bunda Maria selalu menolong dikenal”

Gereja di Baclaran adalah satu-satunya tempat suci Maria di dunia yang diberi otorisasi oleh Vatikan pada tahun 1958 untuk tetap buka 24 jam sehari.

Dalam kotbahnya untuk menyambut Tahun Baru, Kardinal Luis Antonio Tagle meminta umat Katolik untuk belajar dari Maria “dalam usaha mencari kedamaian sejati.”

“Anda bukan orang Kristen sejati atau orang Filipina jika Anda tidak peduli pada orang lain,” kata prelatus tersebut, ia menambahkan bahwa orang Filipina perlu “mendengarkan dan bermeditasi” untuk mencapai kedamaian.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi