UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Lagi, Seorang Imam di China Dinyatakan Hilang

Januari 11, 2018

Lagi, Seorang Imam di China Dinyatakan Hilang

Pastor Lu Danhua dikabarkan menghilang. Nasibnya kemungkinan sama seperti Uskup Peter Shao Zhumin dari Keuskupan Wenzhou. Dalam foto Uskup Shao terlihat oleh umat di bandara Wenzhou, 14 Juni 2017 dikawal oleh aparat pemerintah. Dia dibebaskan pada 3 Januari 2018.

Pastor Lu Danhua dari Keuskupan Lishui di provinsi Zhejiang timur China dilaporkan menghilang sejak pejabat pemerintah tiba-tiba membawanya pergi setelah Natal.

Dia adalah satu-satunya imam Keuskupan Lishui dan pendahulunya adalah Pastor Kenneth Roderick Turner dari Scarboro Foreign Mission Society dari tahun 1948 sampai 1983. Keuskupan Wenzhou kemudian mengelola Keuskupan Lishui.

Pastor Lu ditahbiskan oleh gereja bawah tanah Uskup Peter Shao Zhumin dari Wenzhou pada tanggal 14 Desember 2016, dan telah melayani Keuskupan Lishui sampai sekarang.

Uskup Shao dibebaskan oleh pihak berwenang pada 3 Januari setelah ditahan sejak Mei 2017. Seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada ucanews.com bahwa alasan untuk membawa Pastor Lu pergi tidak berhubungan dengan Uskup Shao.

Namun dia mengatakan bahwa pihak berwenang telah menyatakan bahwa Pastor Lu harus pergi ke Wenzhou untuk “pendidikan ulang” tentang peraturan-peraturan agama baru yang mulai berlaku 1 Februari dan bahwa dia akan kembali setelah mendapatkan izin untuk menjadi seorang imam.

Pada siang hari tanggal 29 Desember, pejabat Administrasi Negara untuk Urusan Agama (SARA) membawa Pastor Lu pergi dari pastoran.

Seorang Katolik yang menyaksikan kejadian tersebut mengatakan kepada ucanews.com bahwa para pejabat tersebut mengklaim bahwa Pastor Lu hanya pergi untuk ngobrol sebentar.

Keesokan harinya, umat tersebut pergi ke kantor SARA dimana pejabat mengklaim Pastor Lu telah dibebaskan.

Akan tetapi Pastor Lu tetap hilang dan panggilan ke telepon genggamnya belum terjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi