UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Tokoh Muslim Moderat Raih Penghargaan Yap Thiam Hien 2017

Januari 25, 2018

Tokoh Muslim Moderat Raih Penghargaan Yap Thiam Hien 2017

KH Ahmad Mustofa Bisri, akrab disapa Gus Mus, mendapat Penghargaan Yap Thiam Hien 2017 pada 24 Januari 2018. (Foto: Akun Resmi Gus Mus)

KH Ahmad Mustofa Bisri, seorang ulama dari Nahdlatul Ulama (NU), menerima Penghargaan Yap Thiam Hien 2017 atas perjuangannya menegakkan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Akrab disapa Gus Mus, ia adalah ulama pertama yang menerima penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Pusat Studi Hak Asasi Manusia tersebut.

Penghargaan itu mulai diberikan tahun 1992 oleh yayasan untuk mengenang almarhum Yap Thiam Hien (1913-1989), seorang pengacara terkenal dan pejuang HAM di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyerahkan penghargaan tersebut kepada Gus Mus, juga pengasuh di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin di Leteh, Kabupaten Rembang, Propinsi Jawa Tengah, pada Rabu (24/1) di Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta Pusat.

Ketua yayasan, Todung Mulya Lubis, mengatakan Gus Mus telah menegakkan HAM untuk beragama, memelihara keberagaman dan memperjuangkan keharmonisan sosial.

Gus Mus telah membagikan ide dan gagasannya lewat puisi dan tidak pernah terlibat dalam aksi protes, katanya.

Dalam sambutannya, Gus Mus menekankan pentingnya bagi bangsa Indonesia untuk melawan ketidakadilan.

“Ketidakadilan membuat orang marah. Orang marah itu membuat radikal. … ,” katanya.

Pastor Antonius Benny Susetyo, sekretaris Dewan Nasional Setara Institute, mengatakan kepada ucanews.com bahwa Gus Mus layak mendapatkan penghargaan itu.

“Ia memperjuangkan inklusivisme dengan sepenuh jiwa dan raganya. Ia berkomitmen untk menegakkan dasar negara kita, Pancasila. Ia adalah figur yang bisa menjadi jembatan perdamaian,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi