UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Sekolah Katolik di India Jadi Target Pemberontak

Pebruari 12, 2018

Sekolah Katolik di India Jadi Target Pemberontak

Pelajar di sekolah-sekolah Katolik di Negara Bagian Manipur, India, belum mulai masuk sekolah setelah libur Natal karena adanya ancaman dari kelompok militan. (Foto: Prakash Singh/AFP)

Pemerintah Negara Bagian Manipur di India meyakinkan sekolah-sekolah Katolik bahwa keamanan akan ditingkatkan jika diperlukan menyusul laporan media bahwa militan mengeluarkan ancaman untuk mereka. Ancaman ini disinyalir sebagai upaya pemerasan.

Sekolah-sekolah Katolik akan buka pekan ini seusai libur Natal selama enam minggu. Namun banyak sekolah Katolik menundanya.

“Sebagian besar sekolah Katolik tetap tutup pada Senin (5 Februari),” kata Pastor P.X. Francis SDB, kepala Sekolah Don Bosco di Imphal, ibukota negara bagian itu.

“Kami belum menerima satu pun ancaman dari kelompok militan, itu yang saya tahu,” katanya, seraya menambahkan bahwa laporan media mengakibatkan kebingungan di kalangan orangtua.

Menteri Pendidikan T. Radheshyam dan Menteri Kepala N.B, Singh berjanji untuk melawan siapa pun yang mengeluarkan ancaman dan menyediakan keamanan tambahan untuk sekolah-sekolah Katolik jika diperlukan, katanya kepada ucanews.com.

Banyak dari 72 sekolah, 17 sekolah menengah dan tiga kolese Katolik di negara bagian itu berangsur-angsur normal.

“Laporan media membuat pelajar takut selama beberapa hari pertama, tapi segala sesuatunya sudah kembali normal,” kata Pastor Francis.

Sekolah-sekolah Katolik sebagian besar dikelola oleh misionaris SDB yang dikenal menyediakan pendidikan berkualitas tinggi bagi 100.000 pelajar di seluruh negara bagian itu.

Sedikitnya tiga imam SDB ditembak mati oleh militan sejak 1997. Beberapa imam lainnya dibunuh karena menentang ancaman seperti yang dilaporkan media baru-baru ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi