UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Umat Katolik Keturunan Tionghoa Turut Merayakan Cap Go Meh 

Maret 7, 2018

Umat Katolik Keturunan Tionghoa Turut Merayakan Cap Go Meh 

Warga keturunan Tionghoa merayakan Cap Go Meh di Pontianak, ibukota Propinsi Kalimantan Barat. (Foto: Valeri Akiang)

Umat Katolik keturunan Tionghoa ikut bersama warga keturunan Tionghoa lainnya dalam serangkaian perayaan Cap Go Meh yang mengakhiri Tahun Baru Imlek pada akhir pekan lalu di beberapa wilayah di Indonesia.

Tahun ini perayaan Cap Go Meh terbesar diadakan pada Jumat-Minggu (2-4/3) di Kota Singkawang, Propinsi Kalimantan Barat. Kota ini masuk wilayah gerejani Keuskupan Agung Pontianak, ibukota propinsi yang dihuni oleh banyak warga keturunan Tionghoa.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka perayaan yang memecahkan beberapa rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) – jumlah lampion terbanyak (20.607) dan jumlah tatung terbanyak (1.038) – tersebut.

Menurut Lukman, perayaan Cap Go Meh memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan asing datang ke kota itu.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh umat beragama yang ada di Singkawang untuk meningkatkan kerukunan dan kerjasama dalam mengatasi berbagai masalah sosial di daerahnya,” katanya.

Di Pontianak, ibukota propinsi, perayaan Cap Go Meh menarik ribuan orang termasuk Tan Tjun Hwa, seorang umat Paroki Katedral St. Yoseph di Pontianak.

“Kita bersyukur bahwa perayaan Tahun Baru Imlek sejak hari pertama sampai akhir berjalan lancar. Ada sukacita, kegembiraan,” katanya kepada ucanews.com, Selasa (6/3).

Sebagai bagian dari ucapan syukur, ia mengundang seorang imam untuk memimpin Misa di rumahnya pada hari ketujuh setelah Tahun Baru Imlek.

“Sekitar 50-an umat di lingkungan datang,” lanjutnya.

Di Jakarta, perayaan Cap Go Meh dipusatkan di kawasan Pecinan di Glodok, Jakarta Barat. Sekitar 2.400 orang dari berbagai latar belakang agama turut ambil bagian dalam perayaan itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi