UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

MPK Regio Makassar-Amboina-Manado Sepakat Meningkatan Kualitas Guru

Maret 14, 2018

MPK Regio Makassar-Amboina-Manado Sepakat Meningkatan Kualitas Guru

Pengurus MPK dan Komisi Pendidikan di Regio Makassar-Amboina-Manado berfoto bersama pada pertemuan tiga hari yang digelar Jumat-Minggu (9-11/3) lalu. (Foto: Pastor Revi Tanod Pr)

Majelis Pendidikan Katolik (MPK) Regio Makassar-Amboina-Manado dan Komisi Pendidikan di Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Amboina dan Keuskupan Manado merekomendasikan  agar para guru beragama Katolik yang mengajar baik di sekolah negeri maupun swasta Katolik dibekali dengan pelatihan untuk meningkatkan kualitas mengajar mereka.

Rekomendasi itu dihasilkan dalam pertemuan yang diadakan pada Jumat-Minggu (9-11/3) di Tomohon, Sulawesi Utara. Puluhan pengurus MPK dan Komisi Pendidikan dari ketiga keuskupan itu turut hadir dalam pertemuan itu.

“Masalah utama adalah kualitas guru-guru beragama Katolik sangat kurang. Maka mereka perlu dibekali dengan pelatihan,” kata Pastor Revi Tanod Pr, ketua panitia pertemuan itu dan juga metia Komisi Pendidikan Keuskupan Manado, kepada ucanews.com.

Pastor Tanod mengatakan sebuah pusat informasi akan dibentuk untuk melatih para guru beragama Katolik.

“Kami akan membentuk sebuah tim pengembangan kurikulum integral pendidikan Katolik di regio ini yang akan bekerjasama dengan komisi pendidikan di tiga keuskupan tersebut,” katanya.

Dalam waktu satu tahun, lanjutnya, tim itu akan membentuk kurikulum integral baru untuk menyatukan dengan  kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan.

“Kami akan memasukkan Ajaran Sosial Gereja tentang cinta kasih, keadilan, solidaritas dan kejujuran dalam kurikulum itu,” katanya.

Ia berharap ketiga keuskupan akan mendukung rencana pendidikan ini karena pendidikan merupakan satu dari beberapa misi utama Gereja Katolik.

Ada sekitar 500 sekolah swasta Katolik di ketiga keuskupan tersebut.

 

Comments are closed.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi