UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Awam Katolik di Filipina Luncurkan Kelompok Dukungan untuk Para Imam 

Maret 22, 2018

Awam Katolik di Filipina Luncurkan Kelompok Dukungan untuk Para Imam 

Awam Katolik berdoa bagi para imam dalam Misa Krisma tahunan di Manila pada Kamis Putih. (Foto: Angie de Silva)

Sebuah kelompok awam Katolik di Keuskupan Agung Jaro di Filipina bagian tengah telah meluncurkan sebuah sistem dukungan untuk para imam untuk menunjukkan “rasa syukur dan cinta” mereka terhadap para imam.

Namun inisiatif tersebut berfokus pada “kebutuhan spiritual” para imam seperti kelompok “lingkaran doa” atau pengiriman “buket spiritual.”

Paul Soberano dari sekretariat pastoral Keuskupan Agung Jaro mengatakan inisiatif itu merupakan “cara kecil kami (untuk) menjalankan peran kami dalam Tahun Klerus dan Hidup Suci ini.”

Konferensi Waligereja Filipina telah mendeklarasikan 2018 sebagai sebuah tahun yang didedikasikan untuk para imam dan kaum religius.

“Mengingat kesulitan dan perjuangan para imam setiap hari dalam menjalankan pelayanan, komitmen kami untuk mendoakan mereka merupakan resolusi kami,” kata Soberano.

Ia mengatakan kegiatan kelompok dukungan itu antara lain menyampaikan intensi doa dalam Misa, mengadakan adorasi Ekaristi dan menulis surat kepada para imam untuk menunjukkan rasa syukur kepada mereka sebagai para penggembala.

Kelompok dukungan itu juga berencana akan mengadakan Hari Para Imam di paroki-paroki untuk merayakan ulang tahun pastor paroki atau peringatan para imam lainnya.

Soberano menambahkan bahwa inisiatif yang telah dimulai Februari lalu itu sudah memulai lingkaran doa secara rutin di 54 paroki di wilayah Keuskupan Agung Jaro.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi