UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Timor-Leste Jatuh Pingsan Misterius saat Misa Paskah

April 9, 2018

Uskup Timor-Leste Jatuh Pingsan Misterius saat Misa Paskah

Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento dirawat di rumah sakit dan mendapat kunjungan dari Perdana Menteri Mari Alkatiri.

Misteri masih menyelimuti dibalik jatuh pingsannya uskup paling senior di Timor-Leste, Mgr Basilo do Nascimento, saat Misa pada Vigili  Paskah  lalu.

Saksi mata mengatakan dia jatuh pingsan di tengah memimpin Misa di Katedral St. Anthonius Baucau, kota kedua negara kecil itu.

“Uskup itu jatuh pingsan dan tidak melanjutkan Misa. Beberapa umat  langsung  membawanya ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut,” kata Maria de Fatima, yang menghadiri Misa Malam Paskah itu.

Uskup Nascimento, 67, adalah prelatus  dari Baucau – salah satu dari tiga keuskupan di negara yang memiliki 1,2 juta penduduk dengan 97 persen beragama  Katolik. Ia memimpin Gereja lokal  selama 21 tahun dan saat ini  ketua  Konferensi Waligereja Timor-Leste.

Dia ditahbiskan di Portugal tempat dia tinggal selama 20 tahun sebelum kembali ke tanah airnya  tahun 1994.

Setelah jatuh pingsan, ia segera dilarikan  ke rumah sakit di Baucau tetapi pada hari berikutnya ia diterbangkan ke ibukota Dili untuk perawatan medis yang lebih baik.

Desas-desus yang terdengar di Dili bahwa penyebab jatuh pingsannya  adalah masalah jantung, tetapi kabar  ini secara resmi ditolak dan pihak keuskupan  enggan berbicara tentang masalah ini, hanya mengklaim bahwa uskup itu “lelah.”

“Uskup sudah mulai pulih dan dia baik-baik saja,” kata wakil menteri kesehatan Dr. Luis Lobato Timor-Leste.

Pastor Juvito do Rego, sekretaris jenderal Konferensi Waligereja Timor-Leste, mengatakan: “Uskup itu sangat lelah dan tidak makan sebelum merayakan Misa pada Malam Paskah, menyebabkan ia jatuh.”

“Dia tidak memiliki cukup istirahat sehingga perlu beristirahat di Rumah Sakit Nasional Dili dan sudah kembali ke kediamannya pada  4 April  lalu.”

Di hari pertamanya di rumah sakit, uskup, yang menurut penduduk setempat adalah pendukung lama dari milisi revolusioner yang mengubah Partai  Fretilin maka ia dikunjungi oleh perdana menteri sementara, Mari Alkatiri, dan mantan presiden, perdana menteri dan pemenang hadiah Nobel Perdamaian, Jose Ramos Horta, juga seorang senior  Partai Fretilin.

Jatuh pingsannya uskup itu terjadi pada saat situasi politik yang tegang di  Timor-Leste, di saat warganya sedang  menghadapi pemilu kedua dalam kurun waktu satu tahun pada 10 Mei yang akan datang ini.

Jajak pendapat kedua dilakukan setelah Alkatiri gagal meloloskan semua undang-undang selama empat bulan sebagai kepala pemerintahan koalisi minoritas.

Pemilu ini menjadikan koalisi yang dipimpin Alkatiri berhadapan melawan partai lain yang dipimpin oleh mantan negarawan sekaligus mantan pejuang kemerdekaan, presiden dan perdana menteri, Xanana Gusmao.

Gereja secara politik tetap tidak berpengaruh di negara yang memperoleh kemerdekaan  tahun 2001 setelah ratusan tahun dijajah oleh Portugal dan kemudian Indonesia, melawan yang mengobarkan perang saudara berdarah selama lebih dari 25 tahun.

Kampanye resmi untuk pemilu  dimulai pada 10 April yang akan datang ini.

 

One response to “Uskup Timor-Leste Jatuh Pingsan Misterius saat Misa Paskah”

  1. tarcisius says:

    Semoga lekas sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi