UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vietnam Penjarakan Aktivis Katolik selama 9 Tahun

April 16, 2018

Vietnam Penjarakan Aktivis Katolik selama 9 Tahun

Aktivis Katolik Vietnam Teresa Tran Thi Xuan berdiri pada persidangannya di provinsi Ha Tinh pada 12 April, dimana ia dihukum penjara 9 tahun karena dituduh subversi, demikian situs berita Vietnamnet, yang dikelola negara itu.

Pengadilan Vietnam Tengah  menjatuhkan hukuman penjara kepada seorang aktivis Katolik arena ia dituduh merongrong negara komunis itu.

Pengadilan Rakyat Propinsi Ha Tinh menghukum Teresa Tran Thi Xuan sembilan tahun penjara pada 12 April karena  “mencoba  menggulingkan pemerintah,” demikian surat kabar Ha Tinh milik pemerintah melaporkan pada 13 April.

Xuan, 42, juga menghadapi tuntutan  tahanan rumah selama lima tahun setelah memposting tulisan  yang disebut pengamat sebagai kalimat yang sangat keras.

Surat kabar itu mengatakan Xuan memposting artikel dan klip video di media sosial dari “kelompok reaksioner” untuk melemahkan pemerintah.

Dia juga dituduh mengorganisir demonstrasi besar-besaran di kantor pemerintah daerah  terhadap perusahaan baja Taiwan Formosa yang bertanggung jawab atas tumpahan limbah beracun  di provinsi itu.

Selama protes, dia menghasut orang untuk merusak properti publik dan menyebabkan gangguan sosial pada April 2017, kata pengadilan.

Xuan berasal dari Loc Ha, sebuah distrik  yang terkena dampak bencana tersebut.

Pengadilan juga mendapat laporan bahwa aktivis itu juga seorang anggota Ikhwanul Demokrasi, sebuah organisasi masyarakat sipil domestik yang dilihat oleh pemerintah sebagai kelompok reaksioner yang mencoba menggulingkan negara komunis itu.

Keamanan diperketat di luar gedung pengadilan dengan kehadiran polisi yang kuat, kata saksi.

Kerabat Xuan hanya diberitahu tentang persidangan – yang hanya berlangsung dua jam – ketika hampir selesai, kata sebuah sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dia mengatakan hukuman Xuan keras dan dia dihukum karena membantu orangtua miskin dan menentang ketidakadilan sosial yang diciptakan oleh pihak berwenang.

Juga pada 12 April, pengadilan di provinsi tetangga  Nghe An memvonis aktivis lain, Nguyen Viet Dung, tujuh tahun penjara dan lima tahun tahanan rumah karena melakukan “kampanye  melawan pemerintah.”

Sementara itu, pengadilan lain di Hanoi memvonis aktivis Vu Van Hung, satu tahun  penjara karena “dengan sengaja mencederai pihak berwenang.”

Dalam dua minggu terakhir, Vietnam memenjarakan 10 aktivis, memvonis mereka dengan total  96 tahun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi