UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Gereja Protestan di Cina Merancang Kekristenan ‘Sosialis’

April 17, 2018

Gereja Protestan di Cina Merancang  Kekristenan ‘Sosialis’

Sebuah foto dari seorang anggota Gereja bawah tanah memegang Kitab Suci pada Misa Malam Natal di sebuah apartmen di Beijing pada 24 Desember 2014. (Foto: Greg Baker/AFP)

Dua organisasi Protestan terbesar di Cina daratan   meluncurkan cetak biru lima tahun yang mencakup penulisan Alkitab versi sekuler.

Dewan Kristen Cina yang didukung pemerintah dan Gerakan Patriotik mengungkapkan rencana mereka untuk mempromosikan Kekristenan Cina dari 2018 hingga 2022.

Mereka sepakat  bekerja sama dengan prinsip Sinisisasi; menuntut pemerintahan sendiri; mencerminkan nilai-nilai inti sosialisme; dan  mendukung kepemimpinan Partai Komunis.

Namun, tidak ada referensi tentang roh Kristus yang terungkap selain dari penyebutan pelayanan amal.

Dua komite nasional Protestan Cina mengadakan upacara peluncuran dan pertemuan tim propaganda di Nanjing pada 27-28 Maret untuk mengumumkan rencana tersebut.

Cetak biru dengan 7.000 kata dibagi menjadi empat bab: pernyataan umum, tugas utama, tugas pokok tahunan dan organisasi.

Prinsip untuk Sinisisasi Kekristenan  adalah  mengubah “Kristen di Cina” menjadi “Kristen Cina,” dipandu oleh nilai-nilai inti sosialisme, otonomi dan mendukung kepemimpinan Partai Komunis.

Bab pertama mengatakan Sinisisasi Kekristenan Cina  belum tercapai.

Bab kedua menguraikan rencana untuk menggali lebih dalam isi Alkitab dalam  menemukan konten yang sesuai dengan nilai inti sosialisme; mengatur sebuah tim kerja untuk menulis kembali  Alkitab versi sekuler dan mudah dipahami; menggunakan nilai-nilai sosialis sebagai prinsip pengabaran utama untuk tahap perkembangan teologis berikutnya; dan mengatur pengajaran dan pertukaran program tentang sosialisme di seminari dan sekolah teologi.

Pemikiran teologis akan dilakukan dengan menumbuhkan bakat belajar Alkitab untuk menjadi  dasar yang kuat dalam menterjemahkan kembali  Alkitab atau menyusun komentar Alkitab.

Katekismus Protestan akan direvisi dan materi rohani dikompilasi.

Cetak biru itu membutuhkan percepatan pelatihan talenta dengan menstandardisasi pendidikan teologi; mengintegrasikan Kekristenan Cina ke dalam pengajaran dan penelitian; dan meningkatkan beban pengajaran nilai-nilai inti sosialis, patriotisme, sejarah dan filsafat Cina serta menyusun materi pengajaran Kristen Cina.

Bagian lain berkaitan dengan aspek budaya dan layanan amal sosial.

Nilai-nilai dasar Cina harus diintegrasikan ke dalam semua etika, nyanyian pujian, kostum dan arsitektur gereja. Lukisan Cina, kaligrafi, ukiran dan pemotongan kertas harus digunakan sebagai cara untuk mengekspresikan iman Kristen.

Selain itu, pelayanan amal  harus bersumber pada ajaran Alkitab tentang “mencintai orang lain seperti dirimu sendiri.”

Dua komisi nasional Protestan akan bertanggung jawab  mengatur semua tingkat administrasi, termasuk provinsi, daerah otonom, kotamadya, seminari dan gereja, untuk melaksanakan  rencana tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi