UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Gereja Katolik di Tiongkok disegel Otoritas

April 26, 2018

Gereja Katolik di Tiongkok  disegel Otoritas

Dua pejabat mengambil foto setelah menyegel pintu utama gereja Katolik Gadazhang di provinsi Henan pada 24 April.

Beijing terus mengambil tindakan keras terhadap kegiatan keagamaan di provinsi Henan,   basis utama Kekristenan di Cina,  dengan menutup sebuah gereja Katolik yang tidak terdaftar yang dikelola oleh seorang imam resmi.

Pastor paroki gereja  yang disita itu terdaftar di pemerintah tetapi gereja tidak, kata sebuah sumber kepada ucanews.com.

“Pemerintah tidak akan memberi izin pembangunan gereja,” katanya.

Pada  24 April, para kader dari kota Diandian, distrik  Shangcai mengirim dua pejabat keesokan paginya untuk menutup pintu masuk utama gereja Katolik Gadazhang, keuskupan Zhumadian.

Sebuah video yang disiarkan secara online menunjukkan seorang Katolik lansia merobek segel dari gerbang gereja dan sekelompok umat Katolik berdebat dengan seorang pejabat yang diduga telah memasang segel itu.

Pejabat itu mengatakan kepada mereka bahwa penutupan itu adalah kebijakan Partai Komunis.

Sumber itu mengatakan pihak berwenang tidak akan menyita gereja tetapi pastor tidak akan bisa kembali.

Pastor paroki itu meminta umat Katolik  “berdoa bagi Gereja yang sedang berada di bawah tekanan.”

Sumber itu mengutuk “penegakan peraturan brutal seperti itu” dan mengatakan pemerintah daerah setempat  secara terang-terangan menginjak-injak dan merusak kebijakan negara tentang agama.

Sebuah video yang disiarkan secara online menunjukkan seorang Katolik lansia merobek segel dari gerbang gereja dan sekelompok umat Katolik berdebat dengan seorang pejabat yang diduga telah memasang segel itu.

 

Keuskupan Zhumadian merupakan kedelapan dari 10 keuskupan di provinsi Henan  terus ditekan sejak Gubernur  Wang Guosheng mulai menjabat pada pertengahan Maret. Yang lainnya adalah Anyang, Luoyang, Xinxiang, Fuyang, Zhengzhou, Shangqiu dan Kaifeng.

Targetnya termasuk gereja Katolik bawah tanah dan Protestan dan gereja terbuka, sementara makam  bawah tanah  dibongkar, pastor bawah tanah yang tidak terdaftar telah diusir, dan properti Gereja disita.

Pada 8 April, Asosiasi Katolik Patriotik Cina Provinsi Henan dan Komisi pemerintahan Katolik provinsi Henan bersama-sama mengeluarkan peringatan di kalangan mereka sendiri  mengikuti “prinsip agama dan pemisahan pendidikan” dan UU yang direvisi mengenai urusan agama.

Dikatakan tempat ibadah seharusnya bukan untuk mengadakan sesi pelatihan dan tidak diperbolehkan  orangtua membawa anak-anak ke gereja.

“Sebelumnya hanya propaganda dan pemisahan pendidikan dengan agama, tapi sekarang ada garis merah, jadi anggap serius,” kata sebuah sumber yang beredar itu.

Pemerintah setempat terus memperingatkan bahwa jika ada yang tidak mengikuti aturan, pihak berwenang akan mengejar orang yang bertanggung jawab dan menutup tempat tersebut.

Meskipun statistik resmi tidak tersedia, populasi Kristen di provinsi Henan diyakini menjadi yang tertinggi kedua di negara itu setelah provinsi Zhejiang.

Tahun 2009, Henan memiliki sekitar 2,4 juta orang Kristen, 300.000 di antaranya beragama Katolik.

Pada akhir 2011, ada 2.525 gereja Kristen dan 4.002 bangunan Kristen di provinsi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi