UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Keuskupan Baru untuk Minoritas Etnik di Thailand

April 27, 2018

Keuskupan Baru untuk Minoritas Etnik di Thailand

Vatikan telah mengangkat Pastor Joseph Wutthilert Haelom sebagai uskup pertama Keuskupan Chiang Rai. (Foto: Media Katolik Thailand)

Sebuah keuskupan baru telah dibentuk di Thailand bagian utara agar kelompok minoritas etnik yang tinggal di wilayah pedesaan dan pegunungan bisa dilayani dengan lebih baik.

Paus Fransiskus mengangkat Pastor Joseph Wutthilert Haelom, Vikjen Keuskupan Agung Bangkok, untuk memimpin Keuskupan Chiang Rai yang baru dibentuk tersebut.

Keuskupan Chiang Rai telah lama dipisahkan dari Keuskupan Chiang Mai yang melayani lebih dari 60.000 umat Katolik.

Uskup terpilih Haelom mengatakan ia pernah melayani Keuskupan Chiang Mai selama delapan tahun dan mengenal delapan propinsi yang dilayaninya.

“Dengan pemisahan itu, kini ada 16.000 umat Katolik di Keuskupan Chiang Rai. Sebagian besar adalah kelompok etnik,” katanya.

Beberapa suku yang ada di wilayah Keuskupan Chiang Rai adalah Archa, Lanna, Lahu, Isan, Thaiyai dan Kachin, demikian pernyataan yang dkeluarkan oleh kantor Kardinal Fransiskus Xaverius Kriengsak Kovithavanij.

Gereja Katolik di Thailand melihat perlunya memberi lebih banyak pelayanan pastoral dan karya misi kepada kelompok-kelompok etnik dengan bahasa dan kebudayaan mereka sendiri di wilayah pedalaman Thailand tersebut.

Kardinal Kovithavanij mengumumkan pembentukan Keuskupan Chiang Rai dan uskupnya di kantornya di Bangkok pada Rabu (25/4). Proses pembentukan keuskupan baru itu berlangsung selama tiga tahun. Paroki Kelahiran Bunda Maria terpilih sebagai katedral di Keuskupan Chiang Rai.

Keuskupan Chiang Rai melayani Propinsi Chiang Rai, Phrae, Nan dan Phayao dan Distrik Ngao di Propinsi Lampang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi