UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Kardinal Pimpin Kampanye “Pakistan Hijau”

Agustus 14, 2018

Kardinal Pimpin Kampanye “Pakistan Hijau”

Kardinal Joseph Coutts menanam sebuah pohon di Katedral St. Patrick di Karachi, Pakistan, untuk memulai kampanye “Menanam untuk Pakistan.” (Foto: Ayaz Gulzar/ucanews.com)

Kardinal Joseph Coutts menanam sebuah pohon di Katedral St. Patrick di Karachi, Pakistan, untuk memulai kampanye “Menanam untuk Pakistan” yang dipimpin oleh Gereja Katolik di kota pelabuhan itu.

“Pohon berperan penting dalam kehidupan kita,” kata Kardinal Coutts kepada sekitar 200 orang yang menghadiri acara yang digelar pada Minggu (12/8) itu.

Ia menambahkan bahwa penebangan pohon tanpa alasan tertentu menyebabkan degradasi lingkungan termasuk atmosfer.

Kardinal Coutts juga menyampaikan apresiasi atas dukungan organisasi-organisasi lain seperti Caritas Pakistan terhadap kampanye penanaman pohon itu.

Ia pun mengimbau penanaman lebih banyak pohon di sekitar rumah umat Katolik dan juga di halaman paroki katedral. “Negara kita tengah menghadapi kekurangan air dan ini akan menjadi masalah bagi kita,” lanjutnya.

Menurut prelatus itu, curah hujan yang minim selama 11 bulan terakhir dan perubahan iklim berkaitan erat dengan penebangan hutan baik di desa maupun kota.

Mansha Noor, sekretaris eksekutif Caritas Karachi, mengatakan kepada ucanews.com bahwa karyawan institusi pemerintah dan perusahaan swasta dalam beberapa bulan terakhir menanam sebanyak mungkin pohon untuk mengatasi cuaca panas yang terus terjadi di Karachi.

Ia mengatakan Caritas Karachi telah menanam lebih dari 30.000 pohon tahun ini. Penanaman pohon juga dilakukan di sekolah, universitas dan gereja.

Kampanye penanaman pohon diluncurkan oleh Kardinal Coutts pada 2016 dan menurut rencana akan berlanjut hingga Desember 2019.

Noor mengatakan Caritas Pakistan berencana menanam lebih dari 1,5 juta pohon di Kota Karachi dan 10 juta pohon di Pakistan.

Di Keuskupan Hyderabad di Pakistan bagian selatan, sebuah tim yang terdiri atas sejumlah misionaris Kolumban menanam sekitar 700 pohon termasuk di sekolah-sekolah.

Seorang katekis, Shoukat Shahzad, telah memimpin kampanye penanaman pohon di Kota Badin, Propinsi Sindh. Ia mengajak para keluarga yang tinggal di sekitar area di mana pohon-pohon ditanam agar merawat mereka dengan melakukan penyiraman secara rutin.

“Menanam pohon itu penting demi kesehatan kita dan lingkungan yang bersih,” katanya. “Menanam pohon juga akan mempertahankan kestabilan cuaca dan iklim demi kelangsungan hidup kita.”

Ia menambahkan target yang ingin dicapai adalah menanam 1.000 pohon antara Juni dan akhir Agustus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi