UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Gereja Filipina Ditutup Menyusul Pencemaran Hosti 

Agustus 31, 2018

Gereja Filipina Ditutup Menyusul Pencemaran Hosti 

Sebuah gereja Katolik di Manlila,  ibukota Filipina untuk sementara ditutup pada 30 Agustus menyusul laporan bahwa gereja itu dinodai pekan lalu.

Mgr  Honesto Ongtioco, uskup Cubao telah memerintahkan penangguhan semua kegiatan keagamaan di Katedral St Perawan Maria Diandung Tanpa Noda, keuskupan  Cubao, Quezon City selama dua hari.

Prelatus itu mengatakan, umat Katolik akan melakukan pengakuan dosa dan silih dosa   sebagai bentuk pertobatan  atas penodaan yang terjadi pada 25 Agustus.

Seorang pemuda, yang dianggap memiliki gangguan jiwa, dilaporkan memasuki katedral dan menodai  tabernakel dan Sakramen Mahakudus.

“Karena ini, umat Katolik paroki katedral St Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda menjalani  pertobatan dengan melakukan pengakuan dosa dan kegiatan silih dosa,” kata Uskup Ongtioco.

“Saya minta hari-hari ini adalah hari-hari doa dan puasa.”

Sementara katedral itu ditutup, Misa diadakan di sebuah kapel di katekobme  di mana “Jam suci untuk kegiatan silih dosa” akan diadakan di malam hari.

Sebuah “prosesi pengakuan dosa dan silih dosa” di sekitar katedral juga akan diadakan.

“Semoga tindakan pertobatan dan melakukan kerja silih atas dosa ini menanamkan dalam hati dan pikiran kita misteri luhur Ekaristi Suci,” kata prelatus itu.

“Biarlah ini menjadi ajakan untuk devosi  yang lebih dalam dan kasih yang lebih kuat untuk Ekaristi Kudus.”

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Pastor Dennis Soriano, Pastor Kepala katedral, mengatakan bahwa insiden itu telah “melukai hati kita.”

“Tetapi kami juga mengenali hati lelaki muda yang terluka itu. Dia akan selalu dimasukkan dalam doa kami,” kata imam itu.

Pastor Soriano mengatakan pemuda itu memasuki katedral dan langsung menuju ke tempat kudus di mana dia membuka tabernakel dan makan hosti kudus yang disimpan untuk komuni.

Tidak jelas mengapa dia melakukan tindakan penodaan ini.

 

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi