UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Hari Perdamaian Dunia, Menag ajak komitmen menegakan toleransi

September 22, 2014

Hari Perdamaian Dunia, Menag ajak komitmen menegakan toleransi

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin bersama dengan Shinta Nuriyah Wahid, sebelum melakukan jalan kaki dari Monas sehingga Bundaran Selamat Datang, Minggu (21/9).

 

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengajak seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Perdamaian Internasional sekaligus merupakan saat tepat untuk menegakkan toleransi.

“Saudara-saudara sekalian, hari ini hendaknya tidak hanya menjadi hari untuk memperingati perdamaian dunia, tetapi menegaskan komitmen kita untuk bersikap toleransi,” kata Lukman di hadapan massa pada Hari Perdamaian Internasional yang diselenggarakan Wahid Institute dan beberapa lembaga pegiat perdamaian lainnya, Minggu (21/9), di Bundaran HI, Jakarta.

Peringatan hari perdamaian internasional itu bertajuk “Berani Damai“ tersebut diikuti oleh ratusan partisipan dari berbagai komunitas dan organisasi.

Hadir dalam acara gerak jalan tersebut istri mendiang Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Shinta Nur Wahid, Menteri Agama Lukman Hakim, para aktivis, agamawan, dan budayawan.

Lukman mengatakan bahwa di tengah-tengah berbagai perbedaan, baik dalam kerangka kebudayaan, sosial, dan politik, diyakini bahwa Indonesia akan terus-menerus merajut kebhinekaan.

“Kita tegaskan bahwa perdamaian itu indah,” tambah Lukman.

Dalam peringatan tersebut, seluruh peserta arak-arakan bergerak dari Monas menuju Bundaran HI, dengan diiringi Marching Band.

Setibanya di depan Plaza Indonesia, para peserta arak-arakan langsung menggelar salam perdamaian disertai dengan spanduk-spanduk bertuliskan ajakan pada seluruh warga Indonesia mulai bertoleransi.

Sebelum para peserta melakukan arak-arakan dari Monas, Shinta Nuriyah Wahid terlebih dahulu meresmikan peringatan Hari Perdamaian Internasional tersebut. (satuharapan.com)

 

 

 

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi