UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

INDONESIA – Uskup Agung Baru Tekankan Pelayanan Pastoral

Pebruari 17, 2009

JAKARTA (UCAN) — Uskup agung Medan yang baru diangkat, mengatakan ia akan memprioritaskan pelayanan pastoral bagi keluarga dan pembinaan umat yang menyeluruh.

Pada 12 Februari, Paus Benediktus XVI mengangkat Uskup Anicetus Bongsu Antonius Sinaga OFM Cap., yang tadinya menjabat Uskup Agung Koajutor Medan, menjadi Uskup Agung Medan. Pada saat yang sama, Paus menerima pengunduran diri Uskup Agung Medan Mgr Alfred Gonti Pius Datubara OFM Cap., yang pada 12 Februari mencapai usia 75 tahun, usia untuk pensiun menurut hukum kanonik.

Upacara pelantikan uskup agung baru akan dilaksanakan pada Hari Minggu 22 Februari.

Uskup Agung Sinaga, 67, mengatakan ia akan memprioritaskan “pelayanan pastoral bagi keluarga, pendidikan menyeluruh bagi para imam dan Religius, serta sekolah dan membentuk paroki yang hidup dan terbuka.”

Ia juga berjanji akan mendorong umat Katolik berpartisipasi dalam pemerintahan untuk menunjukkan bahwa orang Katolik di sini 100 persen Katolik dan 100 persen warga Negara Indonesia.

Merujuk pada motto uskupnya, Ad pasquam et aquas conducit me (Ia membimbing aku ke padang yang hijau dan ke air yang tenang, Mzm 23:2), katanya, ia berharap “pelayanannya sebagai uskup dapat menyegarkan umat Katolik.”

Uskup Agung Sinaga lahir pada 25 September 1941, di Negeri Asi, Propinsi Sumatra Utara. Ia ditahbiskan menjadi imam Kapusin tahun 1969. Tahun 1981, ia ditahbiskan menjadi Uskup Sibolga, juga di Sumatra Utara. Ia diangkat menjadi Uskup Agung Koadjutor Medan tahun 2004.

Keuskupan Agung Medan, yang berpusat di ibukota Propinsi Sumatra Utara, memiliki 596.836 umat Katolik di 44 paroki, demikian data dari Buku Petunjuk Gereja Katolik 2005.

END

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi