UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

CINA – Umat Katolik Berkabung atas Kematian Suster yang Sebelumnya Hilang

Juli 20, 2009

HONG KONG (UCAN) — Lebih dari 200 umat Katolik, suster, dan imam memberi penghormatan terakhir mereka bagi seorang suster, yang jenazahnya ditemukan pada bulan Juni setelah suster itu dinyatakan hilang hampir enam bulan.

Pemakanan Suster Gonzaga Hu Xiaojuan dari Keuskupan Jilin, Cina bagian timur laut, diselenggarakan 20 Juli. Jenazahnya ditemukan di parit, tempat dia membeku sampai mati.

Ini merupakan berita mencengangkan kedua dalam sepekan bagi Keuskupan Jilin, yang uskupnya meninggal secara tiba-tiba pada 19 Juli di Changchun, ibukota propinsi itu, di usia 88 tahun. Penggantinya masih belum ada.

Adik laki-laki Suster Hu, Hu Xiaowen, mengatakan kepada UCA News bahwa polisi menyampaikan berita kematian saudarinya itu kepada keluarga pada 14 Juli setelah mengidentifikasi jenazahnya.

Suster Hu tidak kelihatan sejak 28 Desember, setelah dia “keluar untuk berjalan-jalan” setelah mengunjungi sebuah klinik di Tonghua untuk perawatan psikologisnya.

Jenazahnya ditemukan di luar kota itu di Propinsi Jilin.

Misa pemakaman bagi Suster Hu diselenggarakan di pemakaman Tarekat Para Suster Misionaris Keluarga Kudus di Our Lady of Lourdes Hill. Mendiang suster itu dikremasi dan abunya dikuburkan.

Lebih dari 200 umat Katolik, suster, dan pastor memberi penghormatan terakhir mereka. “Namun, ibu saya terlalu sedih sehingga tidak bisa menghadiri pemakaman,” kata adik lelaki dari suster itu.

Pada 17 Juli, kelompok orang muda Paroki Katedral mengadakan tuguran untuk memperingati kehidupan Suster Hu.

Suster Hu dilahirkan 1965 dalam sebuah keluarga Katolik, dan masuk biara tahun 1988. Dia mengucapkan kaul kekalnya tahun 2000.

Dia pernah belajar di Jerman dan Amerika Serikat dan memperoleh gelar sarjana dalam teologi pastoral. Dia pernah menjadi pembimbing novis, wakil jenderal, penasehat, dan menangani pembinaan para suster lain di tarekatnya.

Hingga dia menghilang, dia ditugaskan di sebuah pusat retret di Our Lady of Lourdes Hill, sebuah tempat ziarah terkenal di Jilin.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi