UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Mantan Uskup Auxilier Amboina wafat

Januari 19, 2010

Mantan Uskup Auxilier Amboina wafat

Uskup Josephus Tethool, MSC meninggal pada usia 75 tahun

Mantan Uskup Auxilier Keusukupan Amboina Mgr Josephus Tethool, MSC meninggal pada usia 75 tahun sore hari Senin, 18 Januari di Rumah Sakit Sint Carolus, Jakarta.

Misa requiem diadakan di Gereja Katedral St. Perawan Maria Diangkat ke Surga  pada malam hari. Uskup Koadjutor Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo dan enam uskup lainnya termasuk Uskup Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC merayakan Misa di hadapan sekitar 500 imam, biarawati dan orang awam.

“Kami telah kehilangan Mgr Joseph Tethool, yang sederhana dan rendah hati,” kata Uskup Mandagi dalam homilinya. “Iman, harapan dan kasihnya kepada Kristus menjadi dasar pelayanannya bagi umat dan masyarakat.”

Prelatus itu mengatakan bahwa Mgr Tethool melayani semua orang, baik Katolik dan non-Katolik.

“Mari kita meniru teladannya dalam pelayanan kita kepada semua orang tanpa melihat latar belakang,” tambahnya.

Setelah Misa, jenazah Mgr Tethool disemayamkan di Gereja Bunda Hati Kudus Kemakmuran di Jakarta Barat sehingga umat bisa memberikan penghormatan terakhir, dan diberangkatkan ke Katedral St. Franciscus Xaverius di Ambon, ibukota propinsi Maluku, pada 20 Januari. Pemakaman akan dilaksanakam pada 22 Januari di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, dimana ia melayani sebagai uskup pembantu.

Mgr Tethool, yang juga mantan vikjen keuskupan Amboina, lahir pada 6 April 1934 di Besuk, kabupaten Merauke, propinsi Papua. Ia masuk tarekat Misionaris Hati Kudus (MSC) tahun 1956 dan ditahbiskan sebagai imam pada 20 Desember 1961. Pentahbisan uskupnya pada 26 September 1982.

Tanggal 1 April 2009, Paus Benediktus XVI menerima pengunduran dirinya sebagai uskup auxilier Amboina. Pada hari itu, ia berusia 75 tahun, usia pensiun seorang uskup.

Berbicara kepada UCA News setelah Misa itu 18 Januari, Pastor Johanis Mangkey MSC, provinsial MSC Indonesia, mengatakan banyak imam di keuskupan Amboina sudah membina hubungan baik dengan uskup Tethool.

“Yang menonjol dari mendiang uskup ini adalah kesederhanaan, ketaatan dan kerendahan hatinya. Ia dekat dengan umatnya sehingga umat dengan gampang datang kepadanya untuk minta nasehat dan petunjuk,” kata Pastor Mangkey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi