UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Dubes Vatikan resmikan Katedral Tiga Raja Timika

Oktober 8, 2010

Dubes Vatikan resmikan Katedral Tiga Raja Timika

Mgr Girelli memberkati patung yang mewakili suku Kamoro

Sekitar lima puluh ribu umat Katolik, biarawan dan biarawati serta pejabat daerah setempat mengikuti acara peresmian Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Kamis 7 Oktober.

Mgr Girelli memimpin perayaan Ekaristi didampingi oleh Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar OFM dan Uskup Timika Mgr Yohanes Philipus Saklil dan 7 uskup lainnya.

Dalam kotbahnya, Mgr Leo Laba Ladjar berharap agar kehadiran katedral yang megah ini, yang merupakan simbol kehadiran Kerajaan Allah di tanah Papua, membawa perubahan bagi warga Papua.

“Saya berharap umat Katolik dapat mengubah kebiasaan adat yang tidak baik, dari kebiasaan perang adat yang terjadi setiap tahun di Kota Timika menuju kebiasaan adat Katolik dengan rajin berbuat baik serta banyak berdoa.”

Tokoh Masyarakat Suku Amungme, Yoseph Yopi Kilangin, mengatakan, umat Katolik di keuskupan ini sangat gembira dengan peresmian gereja mereka.

“Saya sebagai tokoh umat Suku Amungme merasa bangga dan gembira atas diresmikan gereja ini sebab selama lima tahun kami sudah berjuang untuk membangun dengan mengumpulkan dana secara swadaya dari umat di tingkat komunitas basis hingga paroki,” jelasnya.

Uskup Saklil mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan gereja tersebut.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, lembaga adat, sponsor, serta umat yang dengan rela mengumpulkan dana selama lima tahun untuk pembangunan katedral,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pembangunan gereja tersebut menelan 25 miliar rupiah yang terkumpul baik dari sponsor maupun partisipasi umat.

“Saya mengucapkan syukur dan terima kasih atas peresmian Gereja Katedral Tiga Raja ini,” kata Bupati Mimika, Klemen Tinal. ”Mari kita sama-sama membangunan iman umat serta bekerja sama dalam membangunan untuk menuju ke arah yang lebih maju.”

Wakil Gubernur Propinsi Papua, Alex Hesegem, meminta maaf atas ketidakhadiran Gubernur Propinsi Papua, Barnabas Suebu dan Gubernur Propinsi Papua Barat karena mereka mengunjungi lokasi banjir bandan di Wasior.

“Pemerintah Propinsi Papua mengucapkan selamat atas peresmian Gereja Katedral Tiga Raja Timika. Dengan peristiwa ini mari kita sama-sama memberikan kedamaian di Tanah Papua ke depan,” jelasnya.

Para uskup yang hadir pada upacara peresmian gereja baru tersebut antara lain Uskup Agung Manado Mgr. Jos Suwatan MSC, Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Pitakotta, Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Uskup Banjarmasin Mgr Petrus Timang, Uskup Agats Mgr Aloysius Moerwito OFM, Uskup Sorong Mgr Datus Lega, serta Uskup Amboina Mgr Petrus Mandagi MSC.

Markus Makur, Timika

Berita sebelumnya:

Ribuan umat sambut peresmian Katedral Timika

3 responses to “Dubes Vatikan resmikan Katedral Tiga Raja Timika”

  1. bpit says:

    Congratulations…Puji Syukur Tuhan..Semoga damai selalu menyertai rakyat Timika..

  2. Nickycute_dexteenz says:

    Amazing day

  3. jenica says:

    masukan buat para Romo
    smoga bisa jadi acuan pertimbangan kebijakan pimpinan tertinggi Gereja Katolik
    klo menurut saya..smua itu bukan kesalahan agama, smua agama mengajarkan hal baik……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi