UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

“Rerum Novarum” perlu direfleksikan dalam masyarakat

Mei 13, 2011

“Rerum Novarum” perlu direfleksikan dalam masyarakat

Pastor Andrew Park Dong-ho (tengah), ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian dari Keuskupan Agung Seoul

Memperingati 120 tahun ensiklik Rerum Novarum dari Paus Leo XIII yang dikeluarkan 15 Mei 1891, Komisi Keadilan dan Perdamaian dari Keuskupan Agung Seoul mengadakan sebuah seminar pada 11 Mei.

Uskup Auksilier Andrew Yeom Soo-jung, vikjen Keuskupan Agung Seoul, mengatakan dalam sambutannya, “Rerum Novarum merupakan tanggapan atas berbagai tuntutan pada zaman itu. Kita harus merenungkan hal tersebut dalam masyarakat dan mempertimbangkan peran Gereja.”

Pastor Andrew Park Dong-ho, ketua panitia, menekankan, “Tanggap terhadap berbagai masalah sosial itu merupakan tugas dan panggilan Gereja.”

Gereja, katanya, sangat berminat pada berbagai masalah sosial seperti ketimpangan kelas dan keadaan buruh yang miskin.

Selain itu, Francis Park Moon-su, wakil direktur Catholic Academy for Korean Culture, mengatakan “Gereja Korea sering berpihak pada majikan. Maka kita harus mempertimbangkan apakah Gereja sendiri bahkan menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah buruh dalam masyarakat.”

Moses Kwon Oh-kwang, mantan ketua Catholic Labor Apostolate Conference of Korea, membahas masalah buruh lepas dan feminisasi kemiskinan. Dia meminta Gereja lokal untuk membebaskan diri penguasa di bidang politik dan pengusaha di bidang modal.

Masalah-masalah lain, dari tingkat bunuh diri yang tinggi dan tingkat kelahiran yang rendah hingga refleksi tentang kebingungan dalam Gereja, juga dibicarakan.

Seminar itu dihadiri oleh lebih dari 200 peserta.

SUMBER

Seminar marks Rerum Novarum (ucanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi