UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Hubungan Kristen-Muslim membaik pasca tragedi 11 September

Mei 15, 2012

Hubungan Kristen-Muslim membaik pasca  tragedi 11 September

Hubungan Muslim-Kristen secara perlahan membaik setelah ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir, kata seorang pakar Kristen selama akhir pekan.

Akibat serangan 11 September dan perang di Afghanistan, sentimen anti-Kristen di Pakistan telah meningkat selama beberapa dekade terakhir. Banyak gereja telah diserang, terutama dalam lima tahun terakhir, katanya kepada para peserta pada seminar Iman dalam Konteks, yang diselenggarakan oleh Institut Teologi untuk Awam dan Gereja Presbyterian.

“Banyak pemimpin Gereja setuju bahwa masyarakat Pakistan menyamakan orang-orang Kristen dengan Amerika dan Hindu dengan India,” kata Javed William, sekretaris eksekutif Komisi Dialog Antaragama dan Ekumene Konferensi Waligereja Pakistan.

Pembunuhan Osama bin Laden di Pakistan Mei lalu mungkin memicu sentimen anti-AS, yang ditemukan pada orang Kristen lokal, yang lebih memilih budaya dan pakaian barat.

“Kami harus mempercepat dialog yang tulus, terutama dengan umat Islam, setelah tragedi 11 September. Hal ini penting untuk kelangsungan hidup kita,” kata William. “Minoritas Kristen tidak mampu konfrontasi dengan mayoritas.”

Pemimpin Kristen telah mengembangkan sesuatu yang baru, dua cabang pendekatan untuk dialog antaragama: merangkul langsung ulama garis keras dan mendekati umat Islam di tingkat akar rumput.

Program-program berbasis masyarakat dan pembangunan perdamaian adalah paling penting, kata Romana Bashir, ketua program Pusat Studi Kristen di Rawalpindi, dekat Abbottabad, dimana Bin Laden ditemukan.

“Kami memiliki area tanda merah, terutama di Provinsi Punjab, dimana kekerasan anti-Kristen telah muncul dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.

Tapi, katanya, hubungan Muslim-Kristen berkembang lebih baik di daerah tersebut.

“Sejumlah madrasah sekarang menyarankan orang Kristen untuk kursus komputer mereka,” kata Bashir. “Sejumlah ulama garis keras mulai ramah.”

Sumber: Christians tackle post-9/11 tensions

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi