UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan angkat Romo Riana sebagai uskup Ketapang

Juni 26, 2012

Vatikan angkat Romo Riana sebagai uskup Ketapang

Mgr Pius Riana Prapdi

 

Paus Benediktus XVI telah menunjuk Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Semarang (KAS), Pastor Pius Riana Prapdi Pr, sebagai Uskup Ketapang, Kalimantan Barat.

Pengangkatan ini bersamaan dengan dikabulkannya permohonan pensiun Mgr Blasius Pujoraharja. Secara resmi Tahta Suci mengumumkan pengangkatan ini pada Senin, 25 Juni 2012 pukul 17.00 WIB.

Tentang penunjukan Mgr Pius Riana, Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Maria Pujasumarta, telah menerima surat pemberitahuan dari Apostolik Nunsio untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi, pada acara Kongres Ekaristi II KAS, Minggu, 24 Juni 2012, di Pastoran Paroki Ganjuran, Bantul, DI Yogyakarta.

Lewat akun Facebook-nya, Mgr Pujasumarta mengucapkan selamat kepada Mgr Riana atas penunjukkan Bapa Suci Benediktus XVI untuk mengemban tugas penggembalaan sebagai Uskup Ketapang.

“Saya pribadi dan tentu juga umat Keuskupan Agung Semarang merasa kehilangan Mgr Riana di tengah-tengah kami. Namun, saya bersyukur atas perutusan baru yang dipercayakan kepada Mgr Riana untuk kemuliaan Tuhan dan pengembangan Gereja Katolik Indonesia. Selamat berkarya. Jauh di mata, namun dekat di hati,” tulis Mgr Pujasumarta.

Sementara Uskup Emeritus Ketapang, Mgr Blasius Pujaraharja kepada HIDUP mengungkapkan, “Saya merasa penuh syukur, karena ada Gembala baru yang masih muda untuk Ketapang. Ini harapan besar bagi Ketapang! Romo Riana sudah punya pengalaman sebagai Vikjen dan Administrator Diosesan,” demikian ungkap uskup kelahiran Gamping, 12 Juni 1935 ini.

Uskup (terpilih) Riana, lahir di Painiai, Jayawijaya, Papua, 5 Mei 1967. Namun hingga masa remajanya, ia dibesarkan di Nandan, Sleman, DI Yogyakarta.

Ia masuk Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah, tahun 1983. Tamat dari Seminari Menengah tahun 1987. Ia menjalani pendidikan sebagai imam KAS, dan ditahbiskan pada 8 Juli 1995.

Uskup (terpilih) Riana ditunjuk sebagai Vikjen semasa Mgr I. Suharyo menjadi Uskup Agung Semarang. Ketika Mgr Suharyo ditunjuk menjadi Uskup Agung Koadjutor Jakarta, Romo Riana ditunjuk Dewan Imam menjadi Administrator Diosesan Semarang. Ketika Mgr Pujasumarta menjadi Uskup Agung Semarang, Romo Pius Riana kembali ditunjuk menjadi Vikjen.

Sumber: hidupkatolik.com

2 responses to “Vatikan angkat Romo Riana sebagai uskup Ketapang”

  1. Polius Lombu says:

    Mewakili umat St. Petrus Stasi Krapyak Paroki Bongsari Semarang, mengucapkan PROVICIST atas terpilihnya Mgr. Riana menjadi uskup Ketapang. Selamat berkarya ya Romo!

  2. Setiawan Bebe says:

    Roh Kudus laksana angin, Ia bertiup ke mana Ia suka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi